Berita Sungai Penuh

BPBD Sungai Penuh Imbau Warga Tak Bangun Rumah di Wilayah Rawan Longsor

Warga Kota Sungai Penuh, diminta untuk tidak membangun rumah tinggal di wilayah yang rawan longsor. Hal tersebut mengantisipasi terjadi bencana alam.

Penulis: Herupitra | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/herupitra
Alat berat membersihkan material longsor di ruas jalan Sungai Jernih-Bukit Khayangan dan Ulu air menuju lokasi sentra pertanian Kota Sungai Penuh 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Warga Kota Sungai Penuh, diminta untuk tidak membangun rumah tinggal di wilayah yang rawan longsor. Hal tersebut mengantisipasi terjadi bencana alam.

Kepala BPBD Sungai Penuh, Abrardani menghimbau kepada warga untuk tidak tinggal di kawasan yang rawan bencana, untuk menjaga keselamatan warga.

"Tingkat kesadaran warga untuk tidak tinggal di daerah rawan masih kurang, karena kami masih sering menjumpai rumah-rumah baru yang dibangun di kawasan rawan longsor," katanya.

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada aparat desa, orang adat dan tokoh masyarakat harus memahami kondisi desa yang rawan. Dan bisa membuat kebijakan untuk tidak membangun di daerah yang rawan longsor dan daerah serapan air.

"Kita minta juga dengan para pemangku kepentingan, agar bisa mensosialisasikan kepada warganya, mana saja lokasi yang rawan, dan tidak boleh dibangun," tambahnya.

Sementara, untuk mencegah agar warga tidak membangun rumah dikawasan tanah longsor seperti di lereng-lereng perbukitan, BPBD sudah sering melakukan sosialisasi tentang potensi bencana dan bagaimana kewaspadaannya.

"Kami tidak memantau pertumbuhan rumah tinggal baru yang dibangun di wilayah tanah longsor, namun ketika melakukan sosialisasi tentang kebencanaan tidak jarang kemunculan rumah baru di kawasan longsor itu," pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data hasil kajian BPBD, terdapat 7 desa di wilayah Kota Sungai Penuh yang rawan tanah longsor saat musim hujan, sehingga warga yang tinggal di kawasan bencana turut aktif mendeteksi potensi bencana.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Baca juga: Turnamen Badminton Antar Instansi se-Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh Memasuki Babak 8 Besar

Baca juga: Dandim Kerinci Resmikan Hygge Caffe, Cafe Modern di Tengah Kota Sungai Penuh

Baca juga: Dispora Kota Sungai Penuh Seleksi Anggota Paskibra

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved