Awal April Cuaca Panas, Batanghari Berpotensi Terjadi Karhutla

BMKG Provinsi Jambi memberikan peringatan dini soal cuaca panas yang bakal melanda sebagian besar wilayah Jambi, pada awal April 2022 nanti.

Penulis: A Musawira | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Ilustrasi. Prakiraan cuaca 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jambi memberikan peringatan dini soal cuaca panas yang bakal melanda sebagian besar wilayah Jambi, pada awal April 2022 nanti.

Kondisi ini pun berpotensi memicu kebakaran lahan dan hutan (karhutla), karena melemahnya kondisi La Nina di Jambi.

Sekretaris BPBD Kabupaten Batanghari, Samral Lubis mengatakan terkait kondisi itu, di Batanghari sangat berpotensi terjadinya karhutla.

“Ancaman itu ada, hampir semua kecamatan berpotensi. Terakhir kali terjadinya karhutla di Kecamatan Maro Sebo Ilir,” katanya pada Jumat (25/3/2022) melalui sambungan seluler.

Walau begitu, pihaknya belum melaksanakan koordinasi dengan Satgas Karhutla tingkat kabupaten secara keseluruhan. 

Sejauh ini, masih ada sisa-sisa bencana hidrometeorologi, apalagi air di Sungai Batanghari saat ini dalam kondisi pasang-surut, pasang surut.

“Kita masih menunggu dan mengikuti informasi resmi dari BMKG,” ujarnya.

Bila nanti, pada awal April 2022 BMKG mengamanahkan intansi terkait untuk bersiap-siap tentu pihaknya akan mengadakan rapat forkompimda. Sekaligus berkoordinasi dengan BPNB Provinsi Jambi.

Setelah mendapat informasi ini, BPBD Batanghari kata Samral akan melakukan pemantauan bersama TNI dan Polri serta menyosialisasikan ke desa dan kelurahan untuk informasi awal ini.

“Oleh karenanya tentu kita berdasarkan rilis resmi dari BMKG. Biasanya perubahan cuaca ini akan diinformasikan oleh BMKG ke seluruh BPBD se Provinsi Jambi,” pungkasnya.

Baca juga: Awal April, BMKG Prediksi Cuaca di Jambi akan Lebih Panas

Baca juga: Dua Kepala OPD Non Job Usai Pemkab Batanghari Merotasi Lima Pejabat Eselon II

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved