Berita Batanghari

Hasil Tes Urine Lima Sopir Truk Batu Bara di Batanghari Positif, Kabid BNNP Jambi: Jangan Coba Lagi

Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha mewanti-wanti kepada awak angkutan batu bara yang melintasi Kabupaten Batanghari...

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Musawira
Tes Urine Sopir Truk Batu Bara di Batanghari 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Kabid Berantas BNNP Jambi, Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha mewanti-wanti kepada awak angkutan batu bara yang melintasi Kabupaten Batanghari, jangan sekali-kali memakai narkotika.

Sebab, kegiatan tes urine dalam rangka HUT BNN RI ke-20 di jembatan timbang, Muara Tembesi yang diselenggarakan BNNK Batanghari ditemukan lima orang yang positif pemakai narkotika dari 50 orang sasaran.

“Kita tidak berhenti di sini, kita akan secara rutin melaksanakan kegiatan pemeriksaan tes urine terhadap para sopir,” ujarnya pada Rabu (16/3/2022).

Ia secara tegas menyampaikan kepada para sopir jangan sekali-kali memakai narkotika. Ini pesan moral yang disampaikan kepada semua sopir, untuk yang memakai hentikan, jangan coba-coba lagi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada 45 orang sopir yang hasilnya negatif. Artinya mereka tidak menggunakan narkotika dan tetap bekerja seperti biasa. Ternyata sabu-sabu tidak ada pengaruhnya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” katanya.

Ia mengaku pelaksanaan tes urine ini sifatnya dadakan terhadap sopir truk angkutan batu bara secara terbuka dengan sistem buka tutup.

“Secara acak kita lakukan tes urine kepada 50 orang sopir, hasilnya ditemukan 5 orang sopir angkutan batu bara yang positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu,” jelasnya.

Terhadap yang positif Kombes Pol Artha bilang akan diasesmen dan dilakukan rehabilitasi.

“Kita tidak melakukan proses hukum, kita sifatnya preeventif dan pencegahan jangan sampai ada sopir-sopir lain yang menggunakan narkotika,”

“Sebagai efek jerah bagi sopir yang lain. Jangan coba-coba memakai narkotika,” tegasnya.

Kepala BNNK Batanghari, AKBP M Zuhairi menyampaikan kegiatan pemeriksaan tes urine tidak hanya di jembatan timbangan Muara Tembesi, tapi akan direncanakan untuk menyasar di perusahaan yang ada di Batanghari.

“Kita akan jemput bola, tentunya bekerja sama dengan Pemda. Kami mengharapkan dukungan dan peran serta dari Pemda. Saya harapakan warga agar terbebas dari pengaruh narkoba,” pungkasnya.

Hasil dari pemeriksaan tes urine oleh BNNK Batanghari, ada 5 orang dinyatakan positif, dengan inisial yakni ZC (40), EH (32), MK (32), PN (22) dan NP (22) masing-masing berasal dari Kabupaten Sarolangun.

Baca juga: BNNK Lakukan Tes Urine Terhadap Puluhan Angkutan Batu Bara di Batanghari

Baca juga: Truk Batu Bara Patah As di Batanghari, Mekanik Sebut Akibat Over Kapasitas

Baca juga: Ulah Dua Sopir Truk Batu Bara Ini Buat Warga Muara Bulian Geram

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved