Dua Perwira Tewas Saat Rudal Israel Serang Suriah, Iran Akan Balas Dendam

Pemerintah Iran berjanji akan membalas serangan rudal Israel yang menewaskan dua perwiranya di Damaskus, Suriah, Senin (7/3/2022).

Sumber: SANA via Associated Press
Dampak kerusakan akibat serangan rudal Israel di Damaskus, Suriah, Senin (7/3/2022). Pada Rabu (9/3/2022), Iran menyebut dua perwiranya terbunuh dalam serangan ini dan berikrar akan melakukan aksi balasan. 

TRIBUNJAMBI.COM, TEHERAN - Iran berjanji akan balas dendam atas dua perwiranya yang terbunuh dalam serangan rudal Israel di Damaskus, Suriah, Senin (7/3/2022).

Dua perwira Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) dilaporkan tewas dalam serangan tersebut.

Pada Rabu (9/3), Kementerian Luar Negeri Iran pun mengutuk keras penyerangan Israel yang menyebabkan dua perwiranya terbunuh.

Seperti dilaporkan Associated Press, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menegaskan, aksi pembalasan atas tindakan Israel itu jelas akan dilakukan.

IRGC telah mengidentifikasi dua perwira yang terbunuh adalah Kolonel Ehsan Karbalaipour dan Kolonel Morteza Saeednejad. 

Pada Senin (7/3) lalu, kantor berita SANA melaporkan Israel mengirim serangkaian serangan rudal ke Damaskus. Sistem pertahanan udara Suriah disebut menjatuhkan sebagian besar rudal. Namun, ada beberapa yang menghantam kota dan menimbulkan kerusakan.

Baca juga: Pertama Dalam Sejarah, Israel Angkat Seorang Islam Sebagai Hakim Agung

Israel sendiri telah mengirim ratusan serangan udara ke teritorial pemerintah Suriah sejak perang sipil berkecamuk. Namun, Tel Aviv jarang mengakui bahkan tak mau berkomentar atas serangan itu.

Di lain sisi, pasukan Iran diketahui masih berada di Suriah saat serangan terjadi. Teheran menyebut para tentaranya di Suriah sekadar mengemban peran penasihat.

Iran kehilangan ratusan tentara saat perang melawan ISIS di Irak dan Suriah sedekade belakangan.

Baca juga: China Jadi Geram, AS Diduga Terlibat Pengembangan Senjata Biologis di Ukraina

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved