Kunjungan Menteri Sandiaga Uno di Jambi

Sandiaga Uno: Saya Ingin Ada Sinergi

Berita Jambi-Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Workshop Kata Kreatif di Aula Rumah Dinas Walikota Jambi.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
Fitri Amalia/Tribunjambi.com
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Workshop Kata Kreatif di Aula Rumah Dinas Walikota Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Siang ini didampingi Wakil Gubernur Jambi dan Wakil Walikota Jambi  Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menggelar Workshop Kata Kreatif di Aula Rumah Dinas Walikota Jambi.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi Krisnandi, Direktur Tata Kelola Destinasi Indra Ni Tua serta Perwakilan Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Sandiaga Uno juga bertemu pelaku UMKM ekraf subsektor kuliner.

Dalam kata sambutannya Sandiaga Uno mengatakan whorkshop ini diadakan untuk memberikan semangat bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

"Karena kami yakin ini saatnya kita bangkit, ekonomi kita sudah tertekan selama lebih dari dua tahun, saat ini ekonomi sekarang sudah mulai tumbuh namun masih susah mencari lapangan kerja, UMKM pelaku ekraf masih  banyak tantangan satu di antaranya tantangan pemasaran, pembiayaan, pelatihan dan pendampingan," ujarnya.

Dia mengatakan Workshop Kata Kreatif diadakan untuk mendukung kabupaten/kota kreatif untuk menjadi kabupaten dan kota, di Jambi khususnya, untuk menjadi champion atau juara dibidang ekonomi kreatif.

"Di jambi ini selain makananya enak enak banget, tentunya ini saya ingin kembangkan kedepan pelaku ekraf karena 41,5 persen jumlah lapangan kerja diciptakan pelaku ekraf," kata Sandiaga Uno.

Dia juga menitipkan tiga hal pada pelaku ekraf yang pertama inovasi. Sandiaga Uno mengatakan kita harus melakukan sesuatu lebih baik dari kemarin, hari ini haruslah lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini itu kunci dari inovasi.

Yang kedua adalah adaptasi. Sekarang masa pandemi masa kita harus beradaptasi, tetap lakukan kegiatan dengan protokol kesehatan. Produk produk kita juga harus memiliki aspek kesehatan misalnya aspek higenisnya dijaga, dari pengemasan harus memiliki keunggulan.

Dan yang ketiga aspek kolaborasi. Bisnis itu sebetulnya berbasis silaturahmi. Silaturahmi menjanjikan berkah dan saya ingin menitipkan ivasi adaptasi dan kolaborasi.

Sandiaga Uno juga menyebut kota Jambi ada beberapa potensi wisata. Jika ekrafnya dari kuliner, Kota Jambi juga memiliki keindahan alam mulai dari Danau Sipin, cagar budaya dari kesultanan Jambi, masjid 100 tiang, batu olak kemang, dan Danau Teluk.

"Saya ingin ada sinergi pelaku (usaha) harus mendukung pemerintah, pemerintah harus memberikan fasilitas, perizinan dipermudah, sekarang izin bagaimana di kota Jambi gampang apa susah ? Pertanyaan tersebut langsung dijawab "Gampang" oleh hadirin.

Baca juga: Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno Berkunjung dan Sudah Tiba di Jambi, Ini Agendanya

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved