Pemilu 2024

Survei SMRC, Ridwan Kamil Unggul dalam Bursa Pemilihan Presiden di Jabar.  PDIP Melorot

Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di wilayah Jawa Barat.

Editor: Fifi Suryani
KOMPAS/KOLASE TRIBUN JAMBI
Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil. Mereka bertiga menjadi tokoh yang mendapatkan dukungan tertinggi dari anak muda untuk menjadi presiden 2024 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di wilayah Jawa Barat.

Hal itu terekam dalam Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang diumumkan, Selasa (15/2/2022).

Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad menuturkan Kang Emil unggul dalam kategori pilihan top of mind (jawaban spontan) dan pertanyaan tertutup empat nama.

"Kita lihat ada 4 nama yang menempati urutan teratas (top of mind), dan keempatnya sulit kita tentukan mana yang lebih unggul dibanding yang lain. Ridwan Kamil (13 persen ), Anies Baswedan (12,2 persen), Prabowo Subianto (12 persen) dan Ganjar Pranowo (10 persen), sementara nama-nama lain di bawah 3 persen," kata Saidiman.

Saidiman mengatakan masih ada 43 persen responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Kemudian dalam simulasi empat nama tertutup, Saidiman mengatakan Ridwan Kamil mendapatkan persentase tertinggi yakni 22,2 persen.

"Suara masih terdistribusi secara merata di antara empat nama teratas ini. Ridwan Kamil (22,2 persen), Prabowo Subianto (21,9 persen), Anies Baswedan (19,3 persen), dan Ganjar Pranowo (17,8 persen), sementara masih ada 18,8 persen yang belum menjawab atau tidak tahu," ucap Saidiman.

Saidiman juga mencoba simulasi Ridwan Kamil dikeluarkan dalam pilihan, lalu sisa tiga nama saja yang ditanyakan ke warga

Dalam temuannya, Saidiman mencatat nama Prabowo menempati urutan pertama dengan persentase 28,7 persen.

"Anies Baswedan mendapatkan 27 persen dan Ganjar Pranowo 25,1 persen, dan masih ada 19,2 persen yang belum menentukan atau menjawab," kata Saidiman.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved