Breaking News:

Kenali Bahaya Berkendara Sepeda Motor Saat Hujan, Tetap #Cari_aman

Berita Jambi-Ketika berkendara dalam kondisi hujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara sepeda motor tentang bahaya-bahaya apa

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Rudi Septiyadi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Memasuki musim penghujan tahun ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara sepeda motor.

Selain basah kuyup, berkendara di saat hujan juga akan menimbulkan dampak lainnya yang bisa berujung meningkatkan kemungkinan terjatuh, bahkan kecelakaan.

Menurut Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Rudi Septiyadi, ada beberapa bahaya yang akan terjadi jika pengendara sepeda motor melakukan aktivitas berkendara saat hujan.

“Ketika berkendara dalam kondisi hujan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengendara sepeda motor tentang bahaya-bahaya apa saja yang dapat terjadi,” ungkap Rudi.

Bahaya apa saja yang terjadi jika kita berkendara dalam kondisi hujan, berikut penjelasannya :

1. Aquaplaning

Aquaplaning adalah adalah keadaan ketika ban motor kehilangan traksi (cengkraman) akibat terhalang lapisan air, kondisi jalan yang tergenang air dapat menimbulkan efek Aquaplaning atau ban yang terasa melayang karena ban terhalang genangan air.

Yang cukup fatal bagi pengendara sepeda motor, saat terjadi Aquplaning maka akan kehilangan kontrol kemudi yang berakibat terjadinya kecelakaan karena grip ban berkurang dan ban menjadi licin saat melakukan pengereman ataupun sedikit melakukan manuver. Lalu bagaimana cara kita agar terhindar dari bahaya aquaplaning?

“Yang pertama berkendaralah dengan kecepatan rendah saat terjadi hujan dan banyak genangan air di jalan, lalu kurangi manuver mendadak serta rem mendadak yang dapat mengakibatkan sepeda motor terjatuh, yang terakhir jaga jarak aman kendaraan, ketika hujan tingkat visibilitas atau pandangan kita akan menurun, dengan begitu dapat meminimalisir terjadinya pengereman mendadak ataupun manuver yang dapat membahayakan” ungkap Rudi.

2. Water Hammer

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved