Breaking News:

Berita Batanghari

396 Perkara Ditangani Pengadilan Agama Selama 2021, Mayoritas Dari Muara Bulian Ajukan Cerai Gugat

Berita Batanghari-Pengadilan Agama Muara Bulian menangani 396 perkara perceraian selama 2021. Kasus perceraian itu tersebar

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
(Tribunjambi/A Musawira)
Ahmad Mus’id Yahya Qadir Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Pengadilan Agama Muara Bulian menangani 396 perkara perceraian selama 2021. Kasus perceraian itu tersebar di Kabupaten Batanghari.

Namun yang terbanyak mengajukan dari Kecamatan Muara Bulian sebanyak 107 perkara dan ada 11 perkara dari Kecamatan Maro Sebo Ilir yang terendah.

Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian, Ahmad Mus’id Yahya Qadir mengatakan pada 2021 yang diterima Pengadilan Agama Muara Bulian di antaranya cerai talak dan cerai gugat.

Ia merinci untuk cerai yang diajukan suami sebanyak 97 perkara dan cerai gugat yang diajukan istri sebanyak 299 perkara.

"Dominan kasus perceraian ini diajukan oleh istri atau disebut cerai gugat,” kata Ahmad Mus’id Yahya Qadir Wakil Ketua Pengadilan Agama Muara Bulian, Jumat (7/1/2022).

Ia pun menjelaskan faktor penyebab perceraian ini lebih dominan dikarenakan pertekaran yang terjadi terus menerus dan ada pihak yang meninggalkan pasangannya. Hal ini pun berimbas terjadi dimasa pandemi Covid-19 ini.

”Pendemi Covid-19 juga ambil andil menjadi penyebab terjadinya perceraian ini apalagi di wilayah Kecamatan Muara Bulian yang paling dominan yang mengajukan ekonominya menengah kebawah,” katanya.

Dasar agama harus kuat, faktor keluarga juga sangat mendukung jika satu di antara pihak mengajukan keluarga bisa berusaha merukunkan mereka berdua hal itu sangat mendukung sekali untuk mencegah perceraian

“Pada 2020 perkara cerai yang masuk ke Pengadilan Agama Muara Bulian sebanyak 385 artinya ada kenaikan sebanyak 11 perkara dalam 2021 yang lalu,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Tahun 2021 Kasus Perceraian di Muarojambi Naik 15 Persen, Ini Penyebabnya

Baca juga: Ini 9 Perda yang Disahkan DPRD Bersama Pemda Batanghari pada 2021

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved