Breaking News:

Berita Jambi

Jambi Tempo Dulu di DPRD Provinsi Jambi, Arsip Sejarah Jambi Dipajang di Lobi

Berita Jambi-Tersusun foto-foto lawas hitam putih dan berwarna, yang menggambarkan Jambi tempo dulu terpajang rapi

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi Pamerkan Sejarah Jambi dalam Arsip 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tersusun foto-foto lawas hitam putih dan berwarna, yang menggambarkan Jambi tempo dulu terpajang rapi di pelataran lobi Kantor DPRD Provinsi Jambi.

Tampak pula selain foto, di sana terpampang surat-surat penting yang berisikan tentang perjanjian-perjanjian, atau pun pengesahan yang kembali di perbarui ke kertas yang baru.

Selain itu juga ditampilkan video lama di layar monitor yang disediakan, menggambarkan cerita lampau Jambi pada masa dulu.

Pameran arsip ini pun disiapkan khusus oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Jambi guna memperkenalkan masa lampau Jambi kepada masyarakt luas.

Tentu ini juga suatu rangkaian HUT Provinsi Jambi ke 65 agar masyarakat Jambi lebih paham lagi mengenai sejarah Jambi.

"Ini juga arahan Pak Gubernur kita, yang mana beliau ingin menampilkan bentuk Jambi pada masa lampau ditampilkan. Agar masyarat tahu bagaimana Jambi saat perjuangan menjadi Provinsi Jambi seperti sekarang ini," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Syamsurizal menjelaskannya kepada Tribun Jambi.

Selain itu juga di pameran ini menampilkan bagaimana proses perjuangan rakyat Jambi membantu kemerdekaan, serta proses sejarah perjalanan Provinsi Jambi sampai saat ini.

"Dengan ini juga diharapkan sesuai dengan motto dari Gubernur Jambi, kami dalam hal ini menata dan melakukan pembinaan kepada OPD untuk melakukan penataan arsip," jelasnya.

Sementara itu ia menjelaskan sudah melakukan pengarsipan menuju ke digital dalam beberapa tahun terakhir ini.

Meski demikian ia mengatakan mengalami kendala dalam melakukan proses pengarsipan ini. Terlebih infrastruktur dalam digitalisasi arsip di tempatnya masih minim.

"Kita juga sudah mulai guyur arsip-arsip kita untuk didigitalisasikan dalam lima tahun terakhir ini. Namun kita terkendala dengan infrastruktur kita yang masih belum lengkap," bebernya.

Namun dirinya memastikan akan terus melakukan pengarsipan dan digitalisasi arsip. Ia pun juga menyatakan bahwa arsip-arsip ini semua juga ditampilkan di Gedung Perpustakaan Provinsi Jambi.

"Ini juga kami tampilkan di Gedung Perpustakaan Provinsi Jambi. Lengkap, semua bisa dilihat. Ini juga tentu literatur sejarah Jambi bagi yang ingin mempelajarinya," ujarnya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Pengunjung Perpustakaan Provinsi Jambi Disarankan Gunakan Aplikasi E-Pustaka Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved