Breaking News:

Berita Tanjab Barat

Dinkes Tanjabbar Deteksi Satu Pasien Baru Positif HIV/AIDS di Desember Kemarin

Berita Tanjabbar-Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar mendeteksi 1 tambahan pasien yang positif tertular HIV/Aids pada Desember 2021

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/DANANG
Penanggung Wasor HIV/AIDS bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Yundri 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabbar mendeteksi 1 tambahan pasien yang positif tertular HIV/AIDS pada Desember 2021 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjabbar, Hj Andi Pada melalui Penanggung Wasor HIV/AIDS bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Yundri mengatakan 1 pasien tambahan ini merupakan anak dari orang tua yang telah tertular HIV/AIDS.

"Kita ada tambahan 1 pasien dari umum, yang merupakan anak dari pasien lama yang sempat dititipkan di tempat neneknya di Inhil dan Desember lalu baru terdeteksi karena dari awal tidak pernah diperiksa, saat diperiksa ternyata positif HIV," ujar Yundri, Senin (3/1/2022).

Yundri mengatakan pasien tambahan tersebut merupakan anak yang berusia 6 tahun, sedari kecil tidak pernah diperiksa, baru diperiksa saat sudah mengalami sakit karena imunnya menurun.

"Efeknya HIV/AIDS ini untuk memang menyebabkan daya tahan tubuhnya menjadi lemah, sering lemas, sering batuk-batuk juga," Jelasnya.

Dengan tambahan 1 pasien ini di tahun 2021 ini Dinkes Tanjabbar telah mendeteksi 5 kasus, namun 2 orang meninggal dunia dengan sisa 3 kasus aktif.

"Untuk deteksi tahun 2021 ada 3 kasus aktif, namun keseluruhan dari awal yang aktif ada 27 pasien yang masih sering kontrol dan minum obat," pungkasnya. (*)

Baca juga: Tanjabbar Satu-satunya Kabupaten yang Memiliki Perda Tentang HIV/AIDS di Provinsi Jambi

Baca juga: Penderita HIV/AIDS di Tanjab Barat 94 Orang, Anak Umur 4 Tahun Ikut Tertular

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved