Virus Corona

Covid-19 Varian Omicron Belum Hilang Kini Heboh Muncul Varian Delmicron, Ternyata Ini

Baru saja muncul varian baru Covid-19 yakni varian Omicron. Kini heboh lagi kabar munculnya varian barua bernama Delmicron

Editor: Rahimin
The Scotsman
ILUSTRASI varian baru virus corona. Covid-19 Varian Omicron Belum Hilang Kini Heboh Muncul Varian Delmicron, Ternyata Ini 

TRIBUNJAMBI.COM - Virus Corona varian baru yakni varian Omicron baru saja muncul, kini heboh lagi kabar muncul varian baru yakni bernama Delmicron.

Varian Delmicron disebut-sebut varian baru perpaduan antara varian Delta dan Omicron.

Namun, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (ID) Zubairi Djoerban menepis adanya varian Delmicron itu.

Menurut Zubairi Djoerban, Delmicron bukan varian baru dari Covid-19.

Zubairi Djoerban bilang, Delmicron adalah nama istilah untuk situasi yang menggambarkan lonjakan kasus Covid-19 terjadi akibat varian Delta dan Omicron.

"Delmicron bukanlah varian baru dari virus corona seperti Alpha atau Beta," katanya.

"Artinya, Delmicron cuma istilah yang mengacu pada situasi di mana Delta dan Omicron membuat lonjakan kasus di wilayah tertentu,"  kata Zubairi Djoerban dikutip dari akun Twitternya @ProfesorZubairi, Minggu (26/12/2021).

Zubairi Djoerban memberi contoh situasi yang terjadi di Amerika.

"Kayak di Amerika. Di sana Omicron menyumbang 73 % dari total kasus baru," ujarnya.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, kabar soal Delmicron ini merebak usai dibahas seorang dokter dari India, anggota penanganan Covid-19 Maharashta, India, Dr Shashank Joshi.

Menurut Shashank Joshi, varian Delmicron kombinasi dari Delta dan Omicron.

Varian ini, sebagai varian yang memberikan dampak naiknya kasus Covid-19 di Eropa dan AS.

“Delmicron, lonjakan kembar yaitu Delta dan Omicron, di Eropa dan AS, keduanya menyebabkan kasus tsunami kecil,” kata Shashank Joshi.

Dikatakan Shashank JoshiDelmicron bukanlah varian baru Covid-19, melainkan situasi ketika Delta dan Omicron menjangkiti pasien secara bersama atau menyebar dengan cepat di wilayah yang sama.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved