Breaking News:

Cuaca Ekstrem, Ancaman Banjir Rob Masih Hantui Warga Pesisir Tanjab Timur

Enam dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanjabtim dilanda banjir rob dalam kurun waktu dua pekan terakhir.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Abdullah Usman
Enam dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanjabtim dilanda banjir rob dalam kurun waktu dua pekan terakhir. 

Laporan wartawan tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Enam dari 11 kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dilanda banjir rob dalam kurun waktu dua pekan terakhir. BPBD mencatat banjir Rob tahun ini dinilai lebih besar dari tahun sebelumnya. 

Sejumlah desa maupun kelurahan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur setiap tahunnya menjadi langganan banjir rob, namun banjir rob kali ini telah melanda enam dari 11 kecamatan yang ada di Tanjabtim. 

"Banjir rob tahun ini dinilai paling besar dan parah sejak beberapa tahun terakhir, dampaknya ratusan rumah kepala keluarga terdampak dari luapan air yang mengganas tersebut, " ujar Kabid kedaruratan dan logistik BPBD kabupaten Tanjung Jabung Timur, Indra s. Gunawan.

Lanjutnya, enam kecamatan tersebut terdiri dari Sabak Timur, Mendahara, Mendahara Ulu, Nipah Panjang, Berbak dan Kuala Jambi. Dimana banjir rob telah melanda sejak awal bulan Desember 2021.

Hingga saat ini, air laut masih pasang surut membanjiri rumah warga. Namun masih banyak warga yang enggan mengungsi mengingat banjir tersebut bersifat sementara.

Baca juga: Tanjab Timur Belum Bisa Lakukan Vaksinasi Anak, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Nasib Nelayan di Tanjab Timur Kala Harga Jual Udang Anjlok

"Untuk ketinggian air akibat banjir rob ini sekitar 40 hingga 50 sentimeter, sehingga pihak BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur terus berpatroli hingga menyiapkan sejumlah alat dan logistik di kawasan yang terdampak, " ujarnya. 

Indra menghimbau kepada warga yang terdampak untuk selalu waspada, sebab banjir rob ini berbeda dengan banjir pada umumnya karena tidak bisa diprediksi kedatangannya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved