Breaking News:

Tribun Wiki

Mengulas 'Bumi Serentak Bak Regam' dari Masa ke Masa: Kini Lanjutkan Pembangunan

Kabupaten Batanghari merupakan satu diantara daerah yang berada di wilayah Provinsi Jambi. Berikut Bupati Batanghari dari masa ke masa

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Kantor Bupati Batanghari 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Kabupaten Batanghari merupakan satu diantara daerah yang berada di wilayah Provinsi Jambi.

Kabupaten ini terkenal dengan julukan Bumi Serentak Bak Regam menjadi satu di antara yang tertua di Provinsi Jambi, berusia 73 tahun.

Sesuai hasil penulusuran Tribunjambi.com Kabupaten Batanghari berdiri pada 1 Desember 1948 melalui peraturan Komisaris Pemerintah Pusat di Bukit Tinggi dengan nomor 81/KOM/U pada 30 November 1948 dengan pusat pemerintahanya di Kota Jambi.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Batanghari pada awalnya diperingati setiap 29 Maret, hal ini sesuai dengan undang-undang nomor 12 pada 1958.

Tentang pembentukan daerah otonom kabupaten dalam lingkungan daerah Provinsi Jambi Sumatra Tengah dan peraturan daerah Kabupaten Batanghari nomor 5 tahun 1983.

Karena adanya perbedaan pendapat dari tokoh masyarakat dan para ahli sejarah akhirnya dengan berbagai pertimbangan serta kajian naskah pemerintah maka peringatan hari jadi Kabupaten Batanghari diperingati setiap 1 Desember yang dituangkan dalam peraturan daerah Kabupaten Batanghari nomor 20 tahun 1993.

Kabupaten Batanghari pertama kali dimekarkan pada 1965 dengan ibu kota di Kenali Asam dan Kabupaten Tanjung Jabung dengan Ibu Kota Kuala Tungkal.

Dikarenakan kenali asam letak yang kurang representatif sebagai ibu kota maka berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1979, ibu kota Kabupaten Batanghari dipindahkan ke Muara Bulian.

Sejalan dengan era reformasi dan tuntutan otonomi daerah berdasarkan undang-undang nomor 54 tahun 1999 Kabupaten Batanghari dengan ibu kota di Muara Bulian dan Kabupaten Muaro Jambi dengan ibu kota di Sengeti.

Baca juga: Jumlah Desa Mandiri di Batanghari Bertambah Jadi 17 Desa, Ini Keunggulannya

Kabupaten Batanghari setelah pemekaran memiliki luas wilayah 5.804.53 kilometer dengan jumlah penduduk 350 ribu jiwa yang tersebar di delapan kecamatan dan 100 desa serta 14 kelurahan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved