Breaking News:

Berita Tanjabtim

Mahasiswa Unja Bersama Masyarakat Mendahara Bentuk Masyarakat Siaga Bencana

Berita Tanjabtim-Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi menggelar simulasi

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Mahasiswa Unja Bersama Masyarakat Mendahara Bentuk Masyarakat Siaga Bencana, November 2021 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Mahasiswa Universitas Jambi (UNJA) bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi menggelar simulasi penanganan bencana kebakaran, di Desa Menteng Kecamatan Mendahara Tanjabtim, Senin (29/11/21).

Ketua Program Merdeka belajar Kampus Merdeka MBKM sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Tedjo Sukmono, usai kegiatan simulasi menuturkan, sesuai permen No 23 tahun 2020, ada kebijakan tentang Kampus Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM) kemanusiaan.

Program MBKM yang Tengah dijalankan oleh mahasiswa ini sendiri, merupakan program pertama yang yang dilakukan skala Nasional.

Di mana dalam perkuliahan tersebut mahasiswa juga membentuk sebuah kelompok masyarakat untuk penanganan awal pada bencana. Atau yang dikenal dengan simulasi penanggulangan bencana bersama siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT)

Dalam program ini mahasiswa dapat belajar tiga semester, sambil kuliah di prodi sendiri atau di luar prodinya atu juga di masyarakat.

Mereka menjalani perkuliahan di masyarakat ini selama Tiga bulan melakukan kegiatan kemanusiaan.

"Dalam program MBKM perdana ini, sengaja dilakukan di Kecamatan Mendahara tepatnya di Desa Menteng, karena kita ketahui bersama beberapa waktu lalu di Menteng terjadi bencana kebakaran cukup besar dan dari itu kita jadikan lokus di sini," ujarnya.

Dalam proyek atau Program MBKM ini sendiri ada empat mata kuliah wajib yang diambil, yakni terkait ke Palang Merahan, bencana, Desa siaga bencana, dan penanggulangan resiko terpadu masyarakat. Yang disesuaikan dengan prodinya.

"Dalam program ini ada tujuh program studi, terdiri dari 10 mahasiswa Universitas Jambi," ujarnya.

Kegiatan ini sudah direncanakan sejak 3 bulan lalu, bahwa unja memiliki program MBKM yang memiliki nilai 24 SKS. Proyek kemanusiaan di Menteng ini merupakan percontohan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved