Breaking News:

Pakem Sarolangun Gelar Rapat Kordinasi Jelang Natal dan Tahun Baru

Tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Sarolangun melakukan kegiatan rapat koordinasi.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Sarolangun melakukan kegiatan rapat koordinasi bersama stake holder terkait, Jum'at (26/11/2021). 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Tim koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (PAKEM) Kabupaten Sarolangun melakukan kegiatan rapat koordinasi bersama stake holder terkait, Jum'at (26/11/2021).

Kasi Intel Kejari Sarolangun Rendy Winata mengatakan bahwa tim pakem Kabupaten Sarolangun terbentuk atas amanat Undang-Undang Kejaksaan RI serta petunjuk Pimpinan ntuk melakukan kegiatan pengawasan, pengamanan ketertiban umum di tengah masyarakat yang mengarah dalam mengawasi aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat yang ada di Kabupaten Sarolangun.

"Hari ini kita melaksanakan Rakor Tim Pakem, saya menyampaikan arahan dari Bapak Kajari Sarolangun selaku Ketua Tim Pakem Kabupaten Sarolangun bahwa landasan awalnya peranan pakem ini terkait tugas dan wewenang serta fungsi Kejaksaan di bidang inteligen Yustisial yang mengarah kepada kegiatan penyelidikan, pengamanan, dan penggalangan untuk mencegah terjadinya tindak pidana dan menciptakan ketertiban umum di tengah masyarakat," katanya.

Rendy menjelaskan tim pakem ini yang memiliki peran penting terhadap status penilaian apakah suatu aliran atau agama yang dianut oleh seseorang atau kelompok itu dianggap sesat/menyimpang atau tidak. Hal ini tentu harus sesuai dengan regulasi/ kaidah yang berlaku.

"Peranan pakem ini penting untuk mengevaluasi apakah aliran kepercayaan masyarakat yang dianut menyimpang atau tidak dan sesuai dengan SKB 3 Mentri," katanya.

Baca juga: Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Polres Sarolangun Gelar Apel Siaga

Ia juga menyebutkan menjelang perayaan natal dan tahun baru ini tentu diharapkan kondisi keamanan dan ketentraman di tengah masyarakat dapat berlangsung dengan aman, khususnya dalam menjaga kerukunan umat beragama.

"Tadi kita sudah mendengar dari pihak MUI, FKUB, Kemenag dan stake holder, bahwa di Sarolangun terkait aliran kepercayaan dan aliran keagamaan dalam masyarakat saat ini kondusif dan mengingat agenda dalam waktu dekat perayaan Nataru bahwa saudara yang merayakan natal dan tahun baru diharapkan dapat berlangsung dengan aman.

Lanjutnya, dengan keberadaan aliran Jemaat Ahmadiyah di Sarolangun menjadi sorotan dari tim pakem Sarolangun itu sendiri, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk menindaklanjuti dan untuk melaksanakan pengawasan.

"Kita akan turun bersama tim pakem ini, untuk melakukan silaturrahmi dan memberikan pemahaman jika tidak sesuai aturan, dan apa yang menjadi permasalahan akan di kaji bersama FKUB," katanya.

Baca juga: Agen Elpiji dan SPBU Dipanggil Pemkab Sarolangun, Ini yang Diminta

Rakor tersebut dipimpin langsung Kepala Kejari Sarolangun Bobby Ruswin, selaku Ketua Tim Pakem Sarolangun yang diwakili Kasi Intel Kejari Sarolangun Rendy Winata.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved