Breaking News:

Berita Ekonomi Jambi

Sektor Pariwisata Berpotensi Pengembangan Ekonomi Baru Bagi Provinsi Jambi

Berita Jambi-Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menyampaikan Pertumbuhan Ekomi Provinsi Jambi pada triwulan IV 2021

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
Sektor Pariwisata Berpotensi Pengembangan Ekonomi Baru Bagi Provinsi Jambi
TRIBUNJAMBI/ADE SETYAWATI
Tugu Juang

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi menyampaikan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan IV 2021 sektor yang mendorong ialah hasil bumi dan BI menilai sektor pariwisata dapat menajdi potensi pengembangan ekonomi baru di Jambi.

Suti Masniari Nasution Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mengatakan, pada triwulan IV 2021 terlihat sektor yang mendorong pertumbuhan diperkirakan akan berasal dari pertambangan, pertanian dan industri pengolahan seiring dengan tingginya permintaan akan batu bara, karet dan sawit.

"Ditambah lagi tingginya harga komoditas global. Pada sisi pengeluaran ekspor masih memegang andil besar dalam pertumbuhan," jelasnya.

Sedangkan, untuk lapangan usaha yang harus menjadi perhatian ialah pertanian, belum lagi akhir tahun masih mengalami fenomena La Nina.

Karena fenomena la Nina tersebut dikhawatirkan dari sisi supply tidak dapat memenuhi permintaan yang sedang tinggi-tingginya.

Sedangkan pada lepangan usaha baru, pariwisata dapat menjadi potensi yang bagus, melihat kondisi yang semakin membaik.

"Untuk lapangan usaha baru yang diperkirakan menjadi lapangan usaha yang memiliki potensi untuk dikembangkan, Provinsi Jambi dapat melirik sektor pariwisata," tambahnya.

"Sektor pariwisata dapat menjadi sumber potensi baru, mengingat kondisi yang berangsur pulih," lanjutnya.

Perekonomian Jambi pada triwulan III 2021 mengalami akselerasi sebesar 5,91 persen (yoy), terakselerasi dibandingkan triwulan sebelumnya yang juga tumbuh sebesar 5,39 persen (yoy).

Realisasi pertumbuhan ini tercatat jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan III 2020 sebesar - 0,99 persen (yoy).

Adapun akselerasi pertumbuhan ekonomi Jambi pada triwulan III 2021 ini lebih baik dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional (3,51 persen yoy).

Secara nominal, perekonomian Jambi pada triwulan III 2021 berdasarkan ADHB dan ADHK (2010) masing-masing menjadi sebesar Rp 60,69 triliun dan Rp 39,42 triliun. (*)

Baca juga: Kepala BI Jambi: Perempuan Tidak Bisa Seperti Dulu Lagi, Harus Tetap Menggali Ilmu

Baca juga: BI Jambi Berikan Bantuan Kepada Petani Bawang di Bungo

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved