Breaking News:

Rumah Madu Hutan Jambi Sabet Juara dalam Kompetisi PLN TJSL Award Fest 2021

Usaha Rumah Madu Hutan Jambi untuk Go Internasional telah membuahkan hasil. Rumah Madu Hutan Jambi mendapat juara

Editor: Rahimin
Istimewa
Peternakan madu di Rumah Madu Hutan Jambi. Rumah Madu Hutan Jambi berhasil sabet juara dalam Kompetisi PLN TJSL Award Fest 2021 

TRIBUNJAMBI.COM - TJSL Fest 2021 yang diselenggarakan PLN telah berlangsung dari  10 - 23 November 2021 dan menghadirkan berbagai program acara seperti webinar dan UMK Virtual Expo untuk membantu mitra binaan PLN memasarkan dan memperkenalkan produknya ke masyarakat. 

Dalam acara tersebut, diselenggarakan pula kompetisi berbagai Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk meningkatkan kreativitas para mitra binaan dan unit-unit pengelola bantuan TJSL PLN se-Indonesia.

Rumah Madu Hutan Jambi menjadi salah satu peserta kompetisi dan virtual ekspo dalam acara skala nasional tersebut. Rumah Madu Hutan Jambi merupakan UMK Binaan PLN UIW S2JB yang kini telah berhasil ‘Go Internasional’ mengekspor madu sebanyak 5 ton per bulan ke Singapura.

Melalui APIDA Jambi (Asosiasi Perlebahan Madu Indonesia) yang dibentuk dengan inisiasi Rumah Madu Hutan Jambi, para petani lebah madu di Provinsi Jambi berkumpul dan saling sharing ilmu untuk dapat meningkatkan kualitas produk dan bersaing di pasar internasional.

Madu yang dihasilkan dari Rumah Madu Hutan Jambi.
Madu yang dihasilkan dari Rumah Madu Hutan Jambi. (Istimewa)

Berbekal keinginan yang kuat untuk masuk pasar global, PLN UIW S2JB menangkap cita-cita UMK tersebut dan menyusun program-program strategis untuk membina Rumah Madu Hutan Jambi mewujudkan cita-citanya.

Program pengembangan Rumah Madu Hutan Jambi telah dilaksanakan sejak November 2019. Saat itu, PLN membantu UMK ini untuk meraih sertifikasi halal dan pengurusan SNI. Tidak sampai disana, misi UMK ini untuk masuk pasar global terus dijalankan. 

Bantuan berupa sarana dan pengembangan rumah edukasi madu hutan jambi dan rumah produksi pun diberikan oleh PLN melaui program TJSL UIW S2JB tahun 2020 berikut pelatihan pengembangan budidaya stingless bee atau kelulut. Pada bulan April 2021, dilakukan pelatihan ekspor dan dilanjutkan dengan pengembangan sarana komunitas petani lebah Jambi.

Usaha Rumah Madu Hutan Jambi untuk Go Internasional telah membuahkan hasil. Perluasan jaringan pemasaran menjadi langkah awal produk dapat dikenal hingga mancanegara, ditambah mengikuti berbagai pelatihan dan pendampingan, salah satunya Strategi UMKM Siap Ekspor, sehingga produk lebah Madu Hutan Jambi dapat di terima dan dinikmati oleh beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. 

Prestasi ini tentunya mendapat support dari Manajemen PLN UIW S2JB sehingga Rumah Madu Hutan Jambi diikutsertakan dalam kompetisi PLN TJSL Award Festival 2021 dan berhasil menyabet juara pada 2 kategori, yaitu Juara 1 Kategori Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis UMK dan Juara 3 Kategori Local Hero.

Baca juga: Mengenal Sosok Candralela, Sang Ratu Madu dari Jambi, Sukses dengan Peternakan Lebah Konvensional

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved