Breaking News:

Tekan Harga Cabai, TPHP Sarolangun Akan Bantu Petani Kembangkan Komoditi Cabai

Kepala Dinas TPHP Sarolangun Dedy Hendri menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan memantau penanaman cabai di beberapa tempat di Sarolangun.

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rifani
Pedagang cabai di Sarolangun. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun akan membantu masyarakat memberdayakan komoditi cabai di wilayahnya. 

Kepala Dinas TPHP Sarolangun Dedy Hendri menyebutkan, pihaknya dalam waktu dekat akan memantau penanaman cabai di beberapa tempat di Sarolangun.

"Mudah-mudahan dapat membantu menekankan harga cabai yang melonjak," katanya beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, pihaknya akan mendorong masyarakat melalui pemanfaatan Dana Desa dengan mengandeng Penyuluh Pertanian Lapangan dan Kepala Desa.

"Kita harapkan melalui Dana Desa, kita ingin PPL dan Kadesnya ikut bergerak dalam upaya penanaman cabai di desanya masing-masing. Setidaknya kebutuhan kita bisa terpenuhi tidak begitu bergantung kepada daerah lain," ungkapnya.

Dinas TPHP juga mengupayakan setiap Kecamatan di Kabupaten Sarolangun, terdapat desa-desa yang menghasilkan komoditi cabai tersebut.

"Saat ini di Sarolangun ada di beberapa tempat yakni Kecamatan Sarolangun, ada Bernai, Tambir, Pelawan dan juga Singkut," sebutnya.

Kemudian, dia menyatakan, pihaknya akan memberikan pemahaman kepada para petani juga perlu dilakukan mengingat kondisi para petani yang kerap melakukan penanaman musiman.

"Jangan harga tinggi baru mereka tanam, tapi kita usahakan mereka secara berkelanjutan untuk menanam cabai," tambahnya.

Baca juga: Harga Cabai di Sarolangun Baru Saja Turun Pedagang Prediksi akan Naik Kembali, Ini Sebabnya

Baca juga: Cara Memilih Benih Cabai, Pilih Varietas yang Cocok dengan Lokasi Budidaya Cabai

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved