Breaking News:

Khazanah Islami

Balasan Allah bagi Hambanya yang Rajin Bersedekah

Artikel ini membahas tentang keutamaan sedekah, manfaat sedekah serta anjuran bersedekah di waktu Subuh

Editor: Heri Prihartono
Tribunjambi.com
Perintah Allah agar hambanya bersedekah dan mengeluarkan hartanya untuk kebajikan 

TRIBUNJAMBI.COM  -  Allah SWT memerintahkan hambanya untuk bersedekah.
Hal ini dijelaskan dalam Surat Al-Baqarah ayat 272

"Laisa 'alaika hudāhum wa lākinnallāha yahdī may yasyā`, wa mā tunfiqụ min khairin fa li`anfusikum, wa mā tunfiqụna illabtigā`a waj-hillāh, wa mā tunfiqụ min khairiy yuwaffa ilaikum wa antum lā tuẓlamụn."

Artinya: "Bukanlah kewajibanmu menjadikan mereka mendapat petunjuk, akan tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk (memberi taufiq) siapa yang dikehendaki-Nya. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (di jalan allah), maka pahalanya itu untuk kamu sendiri. Dan janganlah kamu membelanjakan sesuatu melainkan karena mencari keridhaan Allah. Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan, niscaya kamu akan diberi pahalanya dengan cukup sedang kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan)." (QS. Al-Baqarah: 272)

Keutamaan Sedekah

Seorang Muslim dianjurkan memperbanyak bersedekah agar mendapat keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT.

 Berikut keutamaan bersedekah dilansir dari dompetdhuafa.org

1. Pahala Besar

Dikutip dari harkahislamiyah.com, Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan; “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.

2. Didoakan para Malaikat

Hal ini seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba Muslim melaksanakan sholat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu." (Muttafaqun Alaih).

BACA ARTIKEL KHAZANAH ISLAMI LAINNYA DI SINI

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved