Breaking News:

Akses Pendidikan Untuk Anak-anak Suku Anak Dalam

Alam liar menjadi rumah mereka mulai dari tidur hingga mencari makan. Karena itulah banyak anak-anak SAD yang tidak mendapatkan akses pendidikan.

Editor: Rahimin
istimewa
Bersama anak-anak lainnya, anak-anak SAD turut ambil bagian dalam upacara Sang Saka Merah Putih 

TRIBUNJAMBI.COM - Suku Anak Dalam (SAD) seringkali dijuluki Orang Rimba di Sumatera karena pola hidup mereka yang jauh dari modernitas.

Mereka adalah kelompok terasing dari perkembangan zaman maupun hiruk pikuk perekonomian.

Sejumlah kelompok SAD masih melakukan praktik nomaden, atau hidup dengan cara berpindah tempat.

Alam liar menjadi rumah mereka mulai dari tidur hingga mencari makan. Karena itulah banyak anak-anak SAD yang tidak mendapatkan akses pendidikan.

Berbagai pemangku kepentingan baik pemerintah, swasta, hingga organisasi non-profit saat ini terus mendorong agar anak-anak SAD dapat mengakses fasilitas pendidikan, agar mereka mendapatkan hak yang sama sebagai Warga Negara Indonesia untuk tumbuh dan berkembang.

Kepala Sekolah SD Eka Tjipta Sungai Air Jernih, PT Bahana Karya Semesta Jambi, Dra Titik Yuintarti serta sejumlah guru lainnya telah mengajar anak-anak SAD sejak 2012.

Saat ini, terdapat 11 anak- anak SAD yang belajar di bawah bimbingannya.

Anak-anak SAD menari saat Peresmian Lokasi Etalase Pemberdayaan Masyarakat Adat Terpencil
Anak-anak SAD menari saat Peresmian Lokasi Etalase Pemberdayaan Masyarakat Adat Terpencil (istimewa)

Titik mengakui tidak mudah mengajar anak-anak ini dikarenakan adanya perbedaan adat istiadat dan cara hidup dengan siswa lainnya.

Meskipun mereka memiliki motivasi yang masih rendah untuk belajar, namun kegigihan para guru ini telah membawa beberapa anak SAD mampu terus belajar hingga jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

’’Pada dasarnya, mengajar anak-anak SAD itu tidak susah, namun diperlukan kreativitas dan inovasi dari para guru. Tentu ini menjadi tantangan bagi kita semua selaku tenaga pendidik, terutama untuk mendorong anak-anak SAD mau terus belajar," jelas Titik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved