Breaking News:

Editorial

Pandemi dan Langkah Menuju Titik Nol

PERHATIAN pada angka kasus Covid-19 mulai berkurang. Meski secara nasional hingga ke daerah-daerah angka kasus terus mengerucut ke angka nol

Editor: Deddy Rachmawan
tribunjambi/Rara Khushshoh Azzahro
Warga melakukan vaksinasi Covid-19 di lokasi razia kartu vaksin di Kota Jambi, Sabtu (23/10/2021) malam. 

PERHATIAN pada angka kasus Covid-19 mulai berkurang. Meski secara nasional hingga ke daerah-daerah angka kasus terus mengerucut ke angka nol, sudah seharusnya kewaspadaan tetap dipertahankan.

Di Jambi beberapa daerah sudah berada di titik nol seperti Merangin.

Kota Jambi Minggu (31/10) kemarin tinggal enam kasus dan Muarojambi yang sempat meningkat dari 24 ke-31, saat ini data kasus tersisa dua.

Penambahan yang minim dan kesembuhan yang lebih tinggi, diprediksi dan diharapkan dalam pekan ini sudah berada di titik nol. 

Suatu capaian yang tentunya perlu diucap syukur, tanpa harus euforia dengan selebrasi pelepasan dan buang masker ramai-ramai. 

Bagi sebagian orang, capaian ini mungkin impian yang ditunggu sekian lama. Mereka yang terpisah oleh jarak dan waktu bisa kembali bertemu. Bisnis yang gulung tikar kembali dikembang.

Yang menunggu jadwal ibadah umrah atau haji mungkin bisa segera mendapat kuota berangkat. Yang berharap belajar tatap muka (PTM) 100 persen segera terealisasi seperti di Kabupaten Sarolangun yang telah menerapkan PTM untuk siswa SMP.

Pelaksanaan PTM 100 persen dapat tercapai karena angka vaksinasi untuk anak usia tersebut juga sudah tercapai 100 persen.

Beda dengan siswa SD yang masih terapkan PTM 50 persen.

Aktivitas perjalanan warga juga terpantau terus meningkat. 

Penerbangan melalui Bandara Sultan Thaha Jambi juga sudah meningkat hingga 700 orang perhari melalui enam flight. Saat PPKM level 4 terdahulu hanya 150-an orang perhari.

Baca juga: Pemkot Jambi Ikuti Rapat Survey Kepuasan Pelayanan PT SMI, Ini Kata Syarif Fasha

Baca juga: Tersisa Kasus Aktif Covid-19 di Kota Jambi 5 Orang, Pandemi Diupayakan Jadi Endemi

Baca juga: 3 Kabupaten di Provinsi Jambi Nol Kasus Covid, Kasus Aktif Tinggal 44 Pasien

Peningkatan mobilitas yang menjadi cerminan bergeraknya sektor bisnis hingga pariwisata. Kekhawatiran gelombang ke-3 Covid-19 diharapkan dapat diminimalisir melalui kewaspadaan bersama.

Pemerintah telah membatalkan cuti bersama saat perayaan Natal Desember mendatang.  Bisa saja kembali terjadi pelarangan mudik, dan perayaan tahun baru besar-besaran.

Mari bersama menjaga hak-hak mereka yang tergerus akibat pandemi, dengan ikut menjaga wabah ini tidak menjadi pandemi kembali.(*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved