Breaking News:

Berita Jambi

Puluhan Pelaku IKM di Jambi Ikuti Pelatihan Pengelolaan Makanan oleh Disperindag

Berita Jambi-Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi mengadakan Pelatihan Pengelolaan Makanan untuk 20 Industri Kecil Menengah (IKM).

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
IKM yang sedang mengikuti pelatihan dari Disperindag Provinsi Jambi, di Dekranasda Selasa (26/10) 

TRIBUNJAMBI.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi mengadakan Pelatihan Pengelolaan Makanan untuk 20 Industri Kecil Menengah (IKM).

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Dekranasda Provinsi Jambi Selasa, 26 Oktober 2021.

Eka, Ketua Panitia Pelatihan Pengelolaan Makanan ini mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi.

"Di sini kita mengadakan pelatihan pengolahan makanan bagi IKM yang terdampak covid-19 di mana kita tahu, selama masa pandemi banyak IKM yang mengalami penurunan penjualan, penurunan produksi, mereka juga kesulitan dalam hal pemasaran, jadi di sini kita membantu para IKM yang terdampak pandemi dalam bentuk pelatihan. Kita memberikan ilmu kepada mereka jadi mereka bisa mendiversifikasikan produk olahan makanan," jelasnya.

Eka mengatakan olahan makanan yang dibuat dari bahan baku yang mudah dicari di Jambi. Mulai dari nanas, kentang, ayam dan udang.

"Jadi kita menggunakan bahan baku melimpah yang ada di Jambi, biaya produksi juga tidak terlalu besar, dan juga pada pelatihan ini selain mereka diberikan ilmu juga akan mendapatkan peralatan pelatihan yang akan diserahkan kepada mereka tersebut, jadi semua peralatan yang sudah kita sediakan pada pelatihan ini semuanya akan menjadi hak milik peserta," jelas Eka.

Ada 20 peserta IKM dari Kota Jambi yang mengikuti pelatihan ini. Dari Disperindag sendiri ada 30 pelatihan yang dilaksanakan, sebanyak 19 pelatihan di Kota Jambi, 10 Tanjab Timur dan 1 di Muaro Jambi Pelatihan membatik.

"Dan pada hari yang sama kita juga adakan pelatihan serentak di tempat lainnya di Kota Jambi, dan kita mendatangkan instruktur bersertifikat dari Kota Jambi," ujarnya.

Diana, Instruktur Pelatihan menambahkan, dengan adanya bantuan pelatihan ini diharapkan gairah para pelaku usaha untuk mengembangkan atau mengaktifkan lagi kegiatan produksi mereka.

"Hari ini kita ada empat materi yakni pembuatan Frozen food seperti nugget ayam, stimrool udang, dimsum ayam, steak kentang, stik nanas dan bahan-bahan yang umum lainnya," jelasnya.

Tujuan pelatihan ini diselenggarakan agar para pelaku industri atau pelaku IKM lebih mendapatkan ilmu dalam mendiversifikasi produk sehingga dapat membuat beragam jenis makanan dari bahan yang mudah didapat.

"Ilmu itu yang kita berikan karena itu yang membuat mereka kedepannya lebih siap menghadapi masa pandemi, jadi memang mereka sudah kita bekali ilmu insya Allah kedepannya juga akan lebih mudah," ucap Eka.

Untuk pemasaran sendiri Disperindag juga telah menyiapkan salah satu market place belanjo.co.id sebagai bentuk support dalam hal memasarkan produk-produk IKM dan bentuk kerjasama lainnya.

Rusmini selaku Ketua IKM Talang Bakung Jambi berharap dengan diberikannya pelatihan ini para IKM bisa mengembangkan usahanya dan menggunakan alat yang diberikan pemerintah bisa dipakai membantu produksi.

"Kami sangat bersyukur mendapat pelatihan ini karena rata-rata ikan yang ikut pelatihan hari ini belum pernah tersentuh oleh binaan pemerintah ataupun bantuan pemerintah tentang pelatihan usaha tentang IKM belum pernah, jadi memang benar-benar tepat sasaran ini, dan nantinya Insya Allah akan mengembangkan produk dengan ilmu yang didapat hari ini," tutupnya. (*)

Baca juga: IKM Jambi Dituntut Melek Digital Marketing di Tengah Pandemi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved