Breaking News:

Jadi Peserta Program JKN KIS, Tari Tahu Manfaat Besar Dari Program Ini

Menjadi peserta dalan program JKN-KIS, sangat dirasakan sekali oleh Tari. Tari tahu manfaat besar dari program jaminan kesehatan ini

Editor: Rahimin
Istimewa
Octarina, peserta JKN-KIS. 

TRIBUNJAMBI.COM - Menjaga kesehatan sejak usia muda sudah tidak lagi menjadi suatu hal yang tabu bagi sebagian besar orang. Pasalnya berbagai penyakit yang ada dalam tubuh umumnya dimunculkan atas dasar pola hidup yang tak sehat. Sehingga tak jarang kebanyakan orang sekarang mulai mencari-cari pola hidup sehat untuk bisa tetap bugar hingga usia lanjut.

Octarina (33) peserta program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang tinggal di kawasan Muaro Jambi ini selalu berusaha untuk bugar dalam beraktivitas sehari-hari. Selama menjadi peserta JKN-KIS, ia memang belum pernah mendapatkan manfaatnya secara langsung karena sejauh ini dia masih berada pada kondisi yang sehat. 

“Saya pribadi belum pernah menggunakan JKN-KIS untuk berobat. Alhamdulillah saat ini saya masih dalam keadaan yang sehat wal’afiat. Tapi saya tahu betul manfaat Program JKN-KIS ini sebab orang tua saya di rumah juga peserta JKN-KIS yang secara rutin menggunakan manfaat kepesertaannya untuk berobat,” ungkap wanita yang akrab disapa Tari itu.

Tari menyampaikan bahwa dari pengalaman mengurus berobat orang tuanya menggunakan JKN-KIS, ia bisa mengetahui prosedur yang harus ia lewati ketika menggunakan JKN-KIS dan ia merasa bahwa alurnya mudah dipahami. Sehingga jika harus berobat ke puskesmas atau ke rumah sakit, dia sangat tau apa yang harus ia lakukan

Tari menyebutkan, orang tuanya mengidap penyakit diabetes melitus dimana membutuhkan suntikan insulin untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh ibunya.

“Penggunaan insulin rutin diberikan guna menjaga kestabilan gula darah ibu, dan pemberian insulin merupakan salah satu manfaat yang dijamin oleh program JKN-KIS beserta obat- obatan lainnya sehingga saya merasa sangat terbantu. Andaikata ibu tidak memiliki jaminan kesehatan, tentu pemberian insulin dan pemeriksaan Kesehatan secara berkala untuk ibu menjadi beban kami,” ujarnya.

Tari berharap kedepannya Program JKN-KIS terus ada untuk bisa membantu masyarakat Indonesia dalam hal kesehatan. Sehingga tidak ada lagi orang yang ragu atau bingung ketika sakit namun tak memiliki biaya yang cukup untuk perawatan. Hidup menjadi lebih tenang dan nyaman jika kita bisa menjaga kesehatan serta bersiap diri sebelum sakit.

Baca juga: Dani Merasakan Sekali Manfaat Program JKN-KIS, Tidak Keluarkan Biaya Saat Istri Melahirkan

Baca juga: Diana Peserta Program JKN-KIS Rasakan Manfaat Besar, Berobat Tak Khawatir Biaya

Baca juga: Akses Layanan Kesehatan Makin Mudah Sejak Ada Program JKN-KIS

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved