Breaking News:

Tips Kesehatan

Gejala Kanker Payudara Triple Negatif, Muncul Lesung Pipit pada Kulit Payudara, Muncul Benjolan

Sakit kanker payudara triple negatif atau Triple Negatif Breast Cancer (TNBC) dikenal sebagai jenis kanker agresif yang tumbuh dengan pesat, sebab neg

Editor: Suci Rahayu PK
Ilustrasi Payudara 

TRIBUNJAMBI.COM - Sakit kanker payudara triple negatif atau Triple Negatif Breast Cancer (TNBC) dikenal sebagai jenis kanker agresif yang tumbuh dengan pesat, sebab negatif dari estrogen, progesteron, dan juga HER2.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FINASIM, FACP dalam diskusi online 'Mengenal dan Mewaspadai Kanker Payudara Triple Negatif', Kamis (21/10/2021) mengatakan, "Kanker payudara sebagai kanker dengan kejadian tertinggi di dunia dan di Indonesia perlu menjadi perhatian serius seluruh unsur masyarakat, hal ini karena pengobatan kanker, termasuk kanker payudara, pada stadium lanjut amatlah mahal dan sulit.

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) berharap masyarakat melakukan pencegahan kanker dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan deteksi dini kanker, sebab kanker yang ditemukan dalam stadium dini mudah diobati bahkan bisa sembuh.”

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Selain Timbulnya Benjolan, Adanya Perubahan Bentuk, Ukuran dan Warna

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, Prodi Kesmas PKIK Unja Gelar Edukasi Upaya Deteksi Dini

Sementara itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Hematologi dan Onkologi Medik), Prof DR dr Ami Ashariati SpPD-KHOM, yang juga menjadi salah seorang pembicara mengatakan, "Biasanya pasien yang ditemukan TNBC ini masih usia produktif (di bawah 40 tahun), ada bahkan yang masih usianya 20 tahun," kata Prof. Ami.

Sepakat dengan Prof. Aru, Prof Ami pun menegaskan jika Jenis kanker TNBC ini diduga banyak muncul pada perempuan yang berusia lebih muda, terkait dengan kemungkinan yang lebih tinggi dari ekspresi gen BRCA1.

Untuk diketahui, gen BRCA1 dan BRCA2 merupakan jenis penekan tumor.

Ketika mereka berfungsi normal, mereka membantu mencegah pertumbuhan sel tak terkendali yang bisa menyebabkan tumor ganas.

Karena itulah untuk kepaswpadaan dan bisa melakukan deteksi dini, Prof. Ami menyampaikan 7 gejala kanker TNBC;

1. Benjolan baru di payudara atau ketiak

2. Penebalan atau pembengkakan pada bagian payudara

3. Iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara

4. Kulit kemerahan atau bersisik di area puting atau payudara

5. Puting tertarik ke dalam atau nyeri di area puting

6. Keluarnya cairan dari puting selain ASI, termasuk darah

7. Perubahan ukuran atau bentuk payudara

8. Nyeri di setiap area payudara.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved