Khazanah Islam

Doa Agar Terbebas daei Lilitan Utang

Doa agar terbebas dari lilitan hutang. Selain doa rezeki, terdapat juga doa untuk melunasi utang. Adapun utang merupakan salah satu bentuk muamalah

Editor: Suci Rahayu PK
Planting Money Seeds
Ilustrasi tagih hutang 

TRIBUNJAMBI.COM - Doa agar terbebas dari lilitan hutang.

Selain doa rezeki, terdapat juga doa untuk melunasi utang.

Adapun utang merupakan salah satu bentuk muamalah yang diperbolehkan.

Namun, bukan berarti utang dijadikan sebagai gaya hidup. Sebab, utang bisa membawa dampak buruk bagi seseorang.

Dalam melunasi hutang, tidak hanya usaha saja yang dibutuhkan.

Tetapi juga ikhtiar yang berupa doa, agar segala urusan dipermudah oleh Allah SWT.

Seperti diketahui, dalam ajaran Islam, hukum membayar utang adalah wajib.

Setiap muslim yang memiliki utang diwajibkan untuk melunasinya. Tak sedikit kasus kehilangan nyawa terjadi karena utang.

Baca juga: Doa Minta Rezeki hingga Doa Pembuka Rizqi yang Halal dari Segala Penjuru

Baca juga: Kumpulan Doa Pagi Agar Diberkahi Sepanjang Hari Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Utang menjadi faktor pemicu perselisihan.

Berikut ini kumpulan doa dimudahkan rezeki dan doa pendek yang mudah dihapal, yang dilansir bangkapos.com dari berbagai sumber:

Doa agar Terbebas dari Lilitan Hutang

Nabi Muhammad mengajarkan untuk membaca doa agar bisa terbebas dari hutang, berikut adalah doa agar diringankan beban bagi yang sedang terjerat hutang:

Allahumma robbas samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhim, robbana wa robba kulli syaiin, faaliqol habbi wan nawaa wa munzilat tauroti wal injil wal furqon. A'udzu bika min syarri kulli syaiin anta akhidzum binashiyatih. Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syaiun wa antal akhiru falaysa ba'daka syaiun, wa antazh zhohiru fa laysa fauqoka syaiun, wa antal baathinu falaysa dunaka syaiun, iqdli 'annad daina wa aghnina minal faqri.

Artinya: "Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai 'Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Alquran). Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkaulah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran."

Doa Ketika Terlilit Hutang

ALLAHUMMAK FINII BIHALAALIKA 'AN HARAAMIKA WA AGHNINI BIFADHLIKA 'AMMAN SIWAAKA

Ya Allah, cukupkanlah untukku semua yang Engkau halalkan dari semua yang Engkau haramkan, kayakanlah aku dengan kemurahanMu

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved