Breaking News:

13 Hutan Adat di Sarolangun Akan Terima SK dari KLHK, Walhi Jambi: Jangan Hanya Simbolik Saja

Sebanyak 13 kawasan hutan adat di kabupaten Sarolangun akan dikukuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penulis: Rifani Halim | Editor: Teguh Suprayitno
Hutan Colorado/ Smithsonian
Ilustrasi hutan 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Sebanyak 13 kawasan hutan adat di Kabupaten Sarolangun akan dikukuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Manajer Kampanye dan Advokasi WALHI Jambi, Dwi Nanto menyambut baik kabar dari pengukuhan yang akan dilakukan oleh KLHK. Namun, dia mengingatkan agar hutan yang akan dikukuhkan tersebut, jangan sampai pengakuan tersebut hanya simbolik saja. 

"Tidak kalah pentingnya, setelahnya. Pengalaman kita di lapangan, masyarakat yang mengelola hutan adat malah tertinggal," katanya, Minggu (17/10/2021).

Ia mengatakan masyarakat penghuni hutan tersebut juga harus diperhatikan dan diberdayakan dalam mengelola hutan adat. Jangan sampai korporasi masuk. 

"Dalam mengelola hutan adat butuh informasi dan pengetahuan. Kalau ini diskemakan menjadi industri akan ada persoalan baru," ungkapnya.

Hutan ada yang akan dikukuhkan di Kabupaten Sarolangun tersebut berada di dua kecamatan, yakni kecamatan Limun dan Batang Asai. Berikut nama-nama hutan adat tersebut.

Hutan Adat Imbo Lembago seluas 70 hektare (ha), Hutan Adat Datuk Rajo Intan seluas 80 ha, Hutan Adat di Bukit Raya seluas 98 ha," katanya, Minggu (17/10/2021).

Hutan Adat Sutan Bagindo seluas 69,41 ha, Hutan Adat Renah Alur seluas 150,83 ha, Hutan Adat Lubuk Godang seluas 32,83 ha, Hutan Adat Lubuk Tiongkok seluas 24,64.

Hutan Adat Sekampung seluas 9,17 ha, Hutan Adat Talun Sakti seluas 641 ha, Hutan Adat Imbo Pseko seluas 23 ha, Hutan Adat Bujang Lateh 22,35 ha, Hutan Adat Calao Petak Jo Bukit Bulan seluas 67 ha, dan Hutan Ada Bukit Tamulun Indah seluas 22,04 ha. 

Baca juga: 13 Hutan Adat di Sarolangun Bakal Dikukuhkan KLHK Sudah Dijaga Masyarakat Sejak Dahulu

Baca juga: Ini Nama-nama Hutan Adat di Sarolangun yang Bakal Dikukuhkan KLHK

(Tribunjambi /rifani halim)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved