Breaking News:

Tribun Wiki

Kolam Telago Rajo Candi Muara Jambi, Dipercayai Sebagai Penampung dan Penyuplai Air Bersih

Kolam Telago Rajo Candi Muara Jambi keberadaannya tepatnya di sebelah kanan tempat sewa sepeda dan warung jajanan dan makanan di tengah kawasan Candi.

Tribunjambi/Hasbi
Kolam Telago Rajo Candi Muara Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUAROJAMBI - Jika mengunjungi wisata bersejarah di kompleks Candi Muara Jambi, terletak di Desa Muara Jambi, Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muarojambi.

Pengunjung akan menemukan sebuah kolam persegi panjang, di sekelilingnya ditumbuhi rumput hijau yang bersih dan rapi.

Keberadaan kolam itu, tepatnya di sebelah kanan tempat sewa sepeda dan warung jajanan dan makanan di tengah kawasan Candi Muara Jambi tersebut.

Kolam yang memiliki ciri khas di pinggirannya ditumbuhi rumput yang sangat rapi dan pepohonan yang teduh seringkali dijadikan oleh pengunjung sebagai tempat bersantai.

Saat diketahui, kolam itu memiliki nama Kolam Telago Rajo, sebagai bukti peninggalan bersejarah di kawasan Candi Muara Jambi.

Seperti yang diungkapkan oleh Abdul Havis atau yang akrab disapa Ahok sebagai penggiat budaya di kawasan Candi Muara Jambi, mengatakan.

Secara spesifik kolam Telago Rajo dipercayai oleh penduduk sekitar berperan sebagai penampung dan pengolahan air yang menyuplai kebutuhan air bersih di kawasan Muarajambi sepanjang musim.

Baik musim kemarau maupun musim banjir dari daerah aliran sungai (DAS) Batanghari.

Baca juga: Festival Candi Muara Jambi Sukses, Gubernur dan Bupati Masnah Sebut Selanjutnya Lebih Meriah

"Kolam Telago Rajo itu, selama musim kemarau tidak pernah mengalami kekeringan, begitu juga musim banjir tak pernah membanjiri aliran sekitar," kata Ahok belum lama ini.

Kolam Telago Rajo berbentuk persegi panjang dan memiliki saluran untuk keluar masuk air dari kanal sungai Jambi dengan ukuran lebar 2 meter.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved