Breaking News:

Berita Batanghari

Lapas Muara Bulian Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran, Warga Binaan Teriak Minta Keluar dari Sel

Lapas Kelas IIB Muara Bulian bekerjasama dengan Satpol PP, BPBD dan Damkar Batanghari menggelar simulasi pelatihan penanggulangan kebakaran.

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Wira
Lapas Muara Bulian Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Puluhan warga binaan di Lapas Kelas IIB Muara Bulian berteriak menyebut ‘tolong ada api’, sebagian dari mereka meminta untuk keluar dari blok atau sel yang mereka tempati.

Setelah ada petugas mereka berhamburan berlarian untuk menyelamatkan diri ketika petugas membuka kamar blok hunian.

Puluhan warga binaan tersebut berlari secepatnya ke lapangan yang telah ditentukan atau tempat yang paling aman.

Inilah suasana simulasi terjadinya musibah kebakaran yang dilaksanakan di Lapas Klas IIB Muara Bulian.

Lapas Kelas IIB Muara Bulian bekerjasama dengan Satpol PP, BPBD dan Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari menggelar simulasi pelatihan penanggulangan kebakaran.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka antisipasi pascakebakaran yang terjadi Lapas Kelas I Tangerang.

Kalapas Klas IIB Muara Bulian, Edy Susetyo mengatakan terkait dengan pelatihan simulasi penanganan dan penanggulangan kebakaran ini dengan maksud sebagai langkah antisipasi ketika ada gangguan keamanan ketertiban kaitannya dengan kebakaran.

"Kegiatan ini menjadi atensi pimpinan agar Lapas dan Rutan melaksanakan pencegahan melalui simulasi. Allhamdullilah bisa terlaksana dengan baik, kita ucapkan terimaakasih kepada Pemda khususnya Damkar, BPBD dan Satpol PP Kabupaten Batanghari,” kata Edy Susetyo selaku Kalapas Kelas IIB Muara Bulian, Kamis (30/9/2021).

Lanjutnya dikatakan Kalapas kegiatan ini suatu bentuk pemahaman terhadap petugas agar bisa memahami langkah-langkah yang tepat ketika ada kejadian bencana kebakaran karena memang dalam Lapas dan Rutan sangat rentan dengan hal tersebut.

Baca juga: 38 Napi Lapas Klas IIB Muara Bulian Dapat Program Asimilasi, 10 Napi Sudah Dijemput Keluarga

“Kita mempunyai tanggungjawab terhadap warga binaan sehingga perlu pengetahuan dan pemahaman terhadap petugas bagaimana ketika ada hal-hal kejadian kebakaran,” ujarnya.

Ia menjelaskan pemicu kebakaran ini tergantung penyelidikan pihak terkait. Ada yang mungkin karena instalasi listrik ada juga hal lain tentunya semua bisa memungkinkan.

“Alat sendiri sudah ada berupa tabung Apar yang bisa disiapkan sehingga terjadi kebakaran tersebut bisa dilakukan penanganan pertama,” sambungnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari, Zailani mengatakan dari hasil simulasi memang pihak Lapas butuh keamanan dan kenyamanan dari warga binaan.

Dalam hal ini ada suatu kendala yaitu akses masuk selang ke kamar blok hunian, akan tetapi hal itu sudah dibicarakan.

"Hasil prasimulasi kemarin kita mendapatkan solusi terkait hal itu dan kita sudah bicarakan solusinya, kemudian hari bersama Lapas, BPBD dan Satpol PP kita satu tindak untuk pencegahan dan penanggulangan kebakaran tersebut," pungkasnya.

Baca juga: Cegah Virus Corona Menyebar, Lapas Kelas IIB Muara Bulian Hentikan Sementara Penitipan Tahanan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved