Breaking News:

Ajak Masyarakat Desa Solok Menstimulasi Perekonomian dengan Beternak Ayam Kampung

Berita Jambi-Tim PHP2D KSPM Universitas Negeri Jambi (UNJA) akan mengadakan kegiatan Optimalisasi Potensi Budidaya Peternakan Ayam Kampung

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
istimewa
Tim PHP2D KSPM UNJA saat persiapan membangun kandang 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tim PHP2D KSPM Universitas Negeri Jambi (UNJA) akan mengadakan kegiatan Optimalisasi Potensi Budidaya Peternakan Ayam Kampung Untuk Menstimulasi Perekonomian Masyarakat Melalui Pemanfaatan Hasil Ternak Secara Inovatif di Desa Solok.

Ridho Prastio, Ketua Tim PHP2D KSPM UNJA, Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi S1 Akuntansi, mengatakan kegiatan diadakan di daerah kebun ubi Jalan Kasang Solok, RT. 07. Solok, Kumpeh Ulu.

Saat ini kegiatan PHP2D KSPM UNJA masih dalam tahap pelaksanaan.

Tujuan diadakan kegiatan dijelaskan Ridho, yakni untuk membentuk karakter produktif masyarakat Solok, terutama target sasaran program ini ibu-ibu dan pemuda desa.

"Kita juga ingin memberikan contoh atau wadah percontohan terkait manajemen peternakan yang baik, sehingga mampu memberikan manfaat baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat Desa Solok," ujarnya Rabu (29/9/2021) melalui pesan singkat WhatsApp.

Dia mengatakan, kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, baik dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Ditjen Belmewa selaku pemberi dana, Dosen Pembimbing Lapangan, Dosen Pemateri terkait peternakan, Pemerintah Kecamatan, Aparatur Desa, Pendamping Desa, Pemuda Desa, Kalangan Ibu-Ibu Desa, serta Masyarakat Desa Solok, Kumpeh Ulu secara umum.

Terkait persiapan yang dilakukan, tim PHP2D KSPM UNJA pertama melakukan survei terhadap potensi dan masalah yang ada di Desa Solok, hingga akhirnya sepakat untuk mengangkat tema tentang ternak ayam kampung.

Sebelum memulai timnya juga telah melakukan Sosialisasi dan Edukasi terkait ternak ayam kampung yang di hadiri juga Camat Kumpeh Ulu beserta aparatur desa dan dosen.

"Setelah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan serta kandang, saat ini tim sedang melakukan persiapan sebelum nantinya tim mengadakan bibit ayam kampung untuk di ternak di Desa Solok. Dan kita harapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat berjalan sesuai dengan tujuan atau luaran yang diinginkan," ujar Ridho.

Kepala Desa Solok berharap dapat membangun kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa Solok dan Mahasiswa/Perguruan Tinggi. Kegiatan ini sangat membantu dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat Desa melalui pemanfaatan hasil ternak ayam kampung.

"Kami Pemerintah Desa Solok mengucapkan Banyak terimakasih atas terlaksananya program PHP2D dan tentunya banyak ilmu yang kami dapatkan dari program ini, disamping itu dengan Ilmu yang kami dapatkan khususnya kelompok pemuda, Ibu-Ibu, serta masyarakat Desa Solok, akan selalu memanfaatkannya dengan baik. Dengan harapan dapat mewujudkan kegiatan produktif, kreatif dan inovatif dan kami akan meneruskan program ini kedepannya agar terus berkembang demi kemaslahatan bersama," tutupnya. (*)

Baca juga: Dosen Fakultas Hukum Unja Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat di Kaki Gunung Kerinci

Baca juga: Dialog Sivitas Akademika Unja dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved