Webinar WCD Jambi 2021 Gandeng DLH Kota Jambi, WARSI, dan Gita Buana Club Sebagai Pemateri

Berita Jambi-World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih dunia merupakan aksi sosial global yang dilaksanakan serentak dalam satu hari

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Webinar World Cleanup Day 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - World Cleanup Day (WCD) atau hari bersih-bersih dunia merupakan aksi sosial global yang dilaksanakan serentak dalam satu hari bersama 180 negara di dunia.

Leader World Cleanup Day Provinsi Jambi Maretha Ayu Angel Lestari, mengatakan kegiatan tahunan ini bertujuan untuk mengurangi masalah limbah dan sampah.

World Cleanup Day Indonesia diperkenalkan oleh Let’s Do It Indonesia pada tahun 2014, setelah Let’s Do It Asia Conference di Cebu, Filipina.

Let’s Do It Indonesia yang merupakan organisasi di bawah naungan Let’s Do It World Movement yang menggandeng berbagai komunitas guna membentuk organisasi core team nasional dengan tujuan memimpin aksi clean up terbesar di dunia.

Pada tahun 2021 ini, WCD Jambi juga mengadakan berbagai kegiatan, satu di antaranya kegiatan Clean Up On Site yang akan berlangsung pada hari Minggu, 19 September 2021 di Sungai Marem dan Kampung Kulo Kelurahan Orang Kayo Hitam dan Webinar Road to WCD 2021 via Zoom.

Webinar WCD Jambi 2021, Bersatu Untuk Indonesia Bersih, dihadiri Wakil Walikota Jambi Dr. Maulana, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mahasiswa Perguruan Tinggi (PT) se Provinsi Jambi, dan pihak terkait lainnya.

Webinar WCD Jambi 2021 mengundang tiga pemateri yakni Santoso dari DLH Kota Jambi yang menyampaikan Kondisi Lingkungan dan Persampahan Negeri Tanah Pilih Pesako Betuah, lalu KKI WARSI, Rudy Syaf yang menyampaikan materi Cerita Kita dengan Bumi, dan Gita Buana Club dengan materi Pengolahan Sampah menjadi Eco-Enzyme.

Septiani, Sekjen WCD Indonesia 2021 berharap kegiatan ini akan terus dilakukan dan menjadi pemacu penggiat lingkungan untuk lebih menginspirasi.

"Semoga dengan adanya semangat 13 juta relawan dan juga semangat dari teman-teman semua untuk Indonesia bersih, dan kegiatan WCD ini jadi pemantik bagi para penggiat lingkungan, para pecinta lingkungan untuk lebih lagi menginspirasi."

"Kita harap kegiatan WCD ini tidak dilakukan satu hari ini saja atau sampai acara puncak tapi akan selalu dilakukan terus menerus," kata dia Kamis (16/9/2021).

Wakil Walikota Jambi, Dr. Maulana menyampaikan atas nama Pemerintah Kota Jambi berterima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan WCD 2021 yang menyusun kegiatan dengan sangat baik.

Ini adalah upaya bersama dalam rangka bersatu untuk Jambi bersih, bersatu untuk Provinsi Jambi bersih dan bersatu untuk dunia yang bersih, perjuangan yang penting bagi kita bersama oleh karena itu kami mendukung kegiatan ini.

"Peran penting dari komunitas-komunitas, para pegiat dan pecinta lingkungan akan menambah geliat lagi dan saya kira progam-program sudah secara simultan hanya tinggal bagaimana mengakselerasi itu membuat sebuah gerakan untuk meningkatkan kesadaran bersama, kalo ini bisa kita lakukan maka Insya Allah Kota Jambi bersih terwujud, Provinsi Jambi bersih terwujud, Indonesia dan dunia bersih terwujud," pungkasnya. (*)

Baca juga: KKI Warsi Sebut Lahan yang Bertutupan Hutan Baik, Dikeluarkan dari Areal Pencadangan Food Estate

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved