Breaking News:

KKI Warsi Sebut Lahan yang Bertutupan Hutan Baik, Dikeluarkan dari Areal Pencadangan Food Estate

Berita Jambi-Pembangunan food estate dengan tanaman pangan lebih menarik dari pada semua lahan dialihfungsikan ke tanaman monokultur

Penulis: Mareza Sutan AJ | Editor: Nani Rachmaini

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Perencanaan food estate di Provinsi Jambi mesti memperhatikan beberapa hal.

Koordinator Divisi Komunikasi KKI Warsi, Sukmareni menilai perencanaan food estate cukup menarik di tengah kondisi bangsa yang masih tergantung sejumlah impor untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Menurutnya, pembangunan food estate dengan tanaman pangan lebih menarik dari pada semua lahan dialihfungsikan ke tanaman monokulture, seperti sawit.

Namun, untuk lokasi food estate, mesti disesuaikan dengan kondisi lapangan.

"Lahan yang dicadangkan untuk areal food estate adalah kawasan yang sudah tidak berhutan. Sedangkan lahan yang bertutupan hutan baik, dikeluarkan dari areal pencadangan food estate. Begitu juga dengan areal yang sudah dikelola masyarakat seperti hutan desa, hutan adat, dan kawasan tutupan hutan baik, dikeluarkan dari pencadangan," dia menjelaskan, Senin (12/7/2021).

Areal food estate ini bisa juga ditambahkan lahan masyarakat yang belum terkelola dengan baik. Namun, menurutnya tentu saja, untuk penjajakan lahan ini mengacu pada Free, Prior, and Informed Consent (FPIC) atau Pemberitahuan di awal, tanpa paksaan. Dengan begitu, maka kawasan food estate tidak mengurangi tutupan hutan Jambi.

"Untuk pelaksanaan program food estate, Warsi menyarankan pemerintah selaku pengelola untuk menjalin kemitraan dengan masyarakat. Kita sudah melihat bahwa masyarakat mampu mengelola kawasan di sekitarnya," terangnya.

Pemilihan komoditi pun disesuaikan dengan kebisaan masyarakat di daerah tersebut, tidak dengan tanaman yang didatangkan dari luar.

Dengan cara ini, ulas dia, masyarakat akan lebih familiar dengan pertanian yang akan dikerjakan. Pilihan komoditinya bisa beragam dan selang seling, sehingga unsur hara tanah juga terpelihara dengan baik.
(Tribunjambi.com/ Mareza Sutan A J)

--

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved