Breaking News:

Berita Batanghari

Selama Jalani Hukuman Napi di Lapas Muara Bulian Jambi Dibekali Berbagai Ketrampilan

Warga binaan di Lapas Muara Bulian yang menjalani hukuman, diberi keterampilan. Pelatihan keterampilan ini diberikan sebagai bekal jika sudah keluar

Penulis: A Musawira | Editor: Rahimin
tribunjambi/musawira
Edy Susetyo selaku Kalapas Kelas II B Muara Bulian. Selama Jalani Hukuman Napi di Lapas Muara Bulian Jambi Dibekali Berbagai Ketrampilan 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Selama menjalani masa hukuman, narapidan atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Muara Bulian mengikuti berbagai program. 

Kalapas Kelas II B Muara Bulian Edy Susetyo mengatakan, ada dua program yang diberikan, yaitu program kemandirian dan kepribadian.

Program kepribadian kaitanya lebih ke sikap individu warga binaanya. Misalnya kegiatan keagamaan meliputi pengajian, baca alquran, kompangan, ada perpustakaan dan kegiatan lainya yang sifatnya kepribadian. 

Sedangkan pembinaan kemandirian kaitanya dengan ketrampilan. Misalnya kegiatan pertukangan kayu, pembuatan pot, pengelasan, perikanan dan pertanian.

“Itulah satu diantara bentuk kegiatan pembinaan yang bisa kita lakukan,” kata Edy Susetyo, Rabu (15/9/2021).

Sementara itu, sisi keamanan secara intens pihaknya memberikan pengarahan kepada WBP dengan melakukan pendekatan. 

“Kita tidak disenjatai karena memang tidak boleh, kita hanya berusaha, berupaya dan berdoa mudah-mudahan selama melaksanakan tugas dan tanggungjawab tidak terjadi keributan atau kericuhan, itu saja,” ucapnya.

Meski daya tampung Lapas Kelas II B Muara Bulian mengalami kelebihan kapasitas ia menyampaikan jika ada warga binaan yang baru hendak masuk pihaknya tidak menolak.

“Kalau memang ada fakta dan buktinya dia akan diproses, pada akhrinya akan masuk ke lembaga pemasyrakatan, kami tidak ada kewenangan untuk menolak ketika memang mekanisme hukumnya telah dilalui,” pungkasnya.

Baca juga: Lapas Muara Bulian Masih Over Kapasitas, Kalapas Sebut Program ke Warga Binaan Jadi Kurang Efektif

Baca juga: Petugas Lapas Muara Bulian Geledah Kamar Hunian Warga Binaan, Cari Telepon Seluler Hingga Narkoba

Baca juga: Lapas Muara Bulian Bakal Kedatangan Napi Dari Muara Sabak, Meski Overload Tetap Ditampung

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved