Breaking News:

Banjir di Sarolangun

BPBD Ingatkan Masyarakat Agar Waspada Banjir dan Longsor di Sarolangun

Masyarakat Kabupaten Sarolangun diminta harus waspada terjadinya banjir dan longsor. Sebab, curah hujan belakangan ini sangat tinggi

Penulis: Rifani Halim | Editor: Rahimin
tribunjambi/rifani halim
Trianto, Kepala BPBD Sarolangun. BPBD Ingatkan Masyarakat Agar Waspada Banjir dan Longsor di Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - PIhak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun meminta masyarakat Sarolangun waspada terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor

Kepala BPBD Sarolangun Trianto mengatakan, pada Oktober mendatang diperkirakan curah hujan akan terjadi peningkatan dengan intensitas hujan baik rendah, sedang dan tinggi. 

Prakiraan cuaca itu berdasarkan laporan yang diterimanya dari Badan Meteorologi, Geofisika dan Klimatologi (BMKG). 

"Hari ini kami melaksanakan rakor peringatan dini terkait kesiap siagaan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi, bahwa dari laporan BMKG mulai September hingga Oktober ada peningkatan curah hujan dengan intensitas hujan baik sedang, ringan dan berat. Update datanya dikirim oleh BMKG setiap hari kepada grup skpd," ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Di Sarolangun sendiri, Trianto bilang beberapa wilayah rawan terjadi banjir. Yakni Kecamatan Limun, Kecamatan Sarolangun, Kecamatan Pauh, Kecamatan Air Hitam dan Kecamatan Mandiangin. 

Jika intensitas curah hujan yang tinggi juga berpotensi terjadi bencana longsor di daerah perbukitan karena kondisi tanah yang retak saat musim panas.

Sendangkan daerah rawan longsor itu seperti di Kecamatan Batang Asai, Kecamatan Limun dan Kecamatan Cermin Nan Gedang.

"Maka kewaspadaan ini tentu harus disampaikan sedini mungkin untuk kesiap siagaan masyarakat. Seperti beberapa waktu lalu ada terjadi cuaca ekstrim yang curah hujan sangat lebat yang terjadi beberapa waktu yang lalu sehingga mengakibatkan beberapa daerah terjadi banjir selama dua hari," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi ini, satgas saat ini sudah siap dalam menghadapi jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Mulai dari unsur muspida, tni/polri, BPBD dan damkar yang siap turun dengan peralatan logistik yang telah disiapkan. 

"Kita imbau kepada masyarakat untuk selalu waspada karena melihat kondisi hari ini sesuai informasi BMKG kita memasuki musim hujan, terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar Daerah aliran sungai agar selalu waspada," pungkasnya.

Baca juga: Usai Hujan 5 Jam, Terjadi Penyumbatan, Luapan dan Genangan Air di Sejumlah Titik dalam Kota Jambi

Baca juga: Musim Hujan Hingga Akhir Agustus di Merangin Jambi, Daerah Ini Perlu Waspada Banjir dan Longsor

Baca juga: Update Peringatan Dini BMKG Kamis, 9 September 2021: Aceh, Jambi, Kalimantan, Sulawesi Hujan Petir

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved