Breaking News:

Berita Merangin

Musim Hujan Hingga Akhir Agustus di Merangin Jambi, Daerah Ini Perlu Waspada Banjir dan Longsor

Masyarakat Merangin, Jambi agar menghindari lokasi yang rawan terjadi banjir dan longsor. Kemudian angin kencang dapat mengakibatkan rumahnya pohon.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/darwin sijabat
Plt BPBD Merangin, Mardansyah Saidi. Musim Hujan Hingga Akhir Agustus di Merangin Jambi, Daerah Ini Perlu Waspada Banjir dan Longsor 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Hingga akhir Agustus 2021, Kabupaten Merangin, Provinsi Jamb diprediksi musim hujan dan diimbau waspada banjir dan longsor.

Pelaksana Tugas BPBD Merangin, Mardansyah Saidi mengatakan bahwa berdasarkan informasi BMKG bahwa Merangin masih berada di musim penghujan hingga akhir Agustus 2021 mendatang.

"BMKG Sultha Thaha mengurim surat ke kami akan peringatan dini terhadap bencana alam, banjir, longsor dan angin puting beliung akibat tingginya curah hujan, angin kencang disertai kilat," ujarnya belum lama ini.

Surat itu pun telah disampaikan hingga tingkat desa melalui kecamatan agar menjadi perhatian dan perlu diwaspadai.

Untuk itu mengimbau masyarakat agar menghindari lokasi yang rawan terjadi banjir dan longsor. Kemudian angin kencang dapat mengakibatkan rumahnya pohon.

"Terutama masyarakat yang berada di bantaran sungai perlu mewaspadai terjadinya banjir," imbaunya.

Jika terjadi bencana tersebut, Mardansyah mengatakan agar segera menghubungi BPBD atau tim reaksi cepat (TRC) agar dapat segera memberikan pertolongan.

Untuk musim penghujan ini dikatakannya sampai pada akhir Agustus 2021 mendatang dan pada September akan terjadi musim kemarau hingga Desember 2021.

Titik titik rawan banjir disebutkan Mardansyah yakni yang berada di aliran Sungai Batang Tabir.

"Sepanjang Sungai Batang Tabir, mulai dari Tabir Barat, Ulu, Ilir hingga Tabir Timur rawan banjir. Untuk daerah barat yaitu Kecamatan Pangkalan Jambu, Sungai Manau dan Kecamatan Batang Masumai," ungkapnya.

Sementara untuk daerah rawan longsor dikatakan Mardansyah yakni di Kecamatan Jangkat, Jangkat Timur, Lembah Masurai dan Pangkalan Jambu.

Baca juga: Dampak Hujan Deras, Longsor Terjadi di Desa Birun Kabupaten Merangin Jambi

Baca juga: Sering Longsor, Warga Pulau Kayu Aro Cemas Rumahnya akan Roboh Karena Abrasi Sungai Batanghari

Baca juga: Selain Memutus Akses Jalan, Longsor di Muara Emat Kerinci Juga Terjang Satu Unit Rumah

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved