Breaking News:

Puluhan Orang Ikuti Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar Oleh Teman Tuli

Berita Jambi-Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Masinding Kantor Bahasa Provinsi Jambi pada Sabtu (11/9/2021) lalu ini, diikuti puluhan orang

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
Pelatihan Bahasa Isyarat Dasar Oleh Teman Tuli 

TRIBUNJAMBI.COM - Duta Bahasa Provinsi Jambi bersama Pusat Bahasa Isyarat Indonesia (Pusbisindo) Provinsi Jambi dan Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Provinsi Jambi (Gerkatin) mengadakan pelatihan bahasa isyarat dasar.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Masinding Kantor Bahasa Provinsi Jambi pada Sabtu (11/9/2021) lalu ini, diikuti puluhan orang dengan tetap mematuhi di protokol kesehatan.

Kegiatan pelatihan tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional yang jatuh pada tanggal 23 September.

DPD Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Provinsi Jambi, Angga mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan ini merupakan upaya teman teman tuli memberikan pelatihan kepada teman dengar agar dapat berkomunikasi dengan teman tuli.

"Pelatihan ini sangat penting bagi kami sehingga mempermudah komunikasi teman dengar dan teman tuli, saya berharap kegiatan ini memberi manfaat sehingga membantu komunikasi antara teman tuli dan teman dengar dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kantor Duta Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Sukardi Gau.

Dia mengatakan kegiatan pelatihan bahasa isyarat yang dilakukan ini sangat inovatif dan jarang dilalukan orang lain.

"Kita berharap dengan adanya pelatihan bahasa isyarat ini dapat membantu kita berkomunikasi dengan teman tuli," pungkasnya.

Selain pelatihan bahasa isyarat, rangkaian agenda perayaan Hari Bahasa Isyarat Internasional juga diisi dengan kegiatan seminar bahasa isyarat, peluncuran karya hasil kolaborasi teman-teman duta bahasa dan teman-teman tuli, tari kreasi, penampilan bakat, hingga peluncuran buku panduan bahasa isyarat Jambi.

Puncak perayaan Hari Bahasa Isyarat Internasional akan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021.

Kelanjutan dari pelatihan bahasa isyarat dasar ini, teman tuli berencana akan membuka kelas bahasa isyarat untuk pertama kalinya di Kota Jambi pada bulan September 2021.

Baca juga: Teman Tuli di Kota Jambi Ajarkan Masyarakat Bahasa Isyarat

Baca juga: Rachel Ramadhini Teman Tuli Jambi Raih Prestasi Internasional Bidang Kecantikan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved