Breaking News:

Tips dan Trik Merawat Aki Motor agar Lebih Awet

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar Battery motor selalu dalam kondisi Prima.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Ilustrasi battery Honda. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Battery atau yang sering disebut dengan aki adalah komponen penting dalam sistem kelistrikan sepeda motor Honda, maka dari itu perlu beberapa perawatan penting yang perlu diperhatikan agar Battery selalu dalam kondisi Prima. Berikut tips dan trik merawat aki motor agar lebih awet dari PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) :

1. Sesuai spesifikasi unit

Battery atau aki sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan listrik pada sepeda motor seperti Lampu, klakson, stater dll. Maka dari itu penggunaan diluar kapasitas kemampuan battery akan mempercepat turun kinerja battery.

2. Charger setiap hari

Untuk melakukan charging secara mandiri setiap hari bisa dilakukan dengan cara menghidupkan motor sekurang-kurangnya 5-10 menit setiap hari nya sehingga system pengecasan /charging dapat beroperasi.

3. Jangan menambah aksesoris

Penambahan aksesoris kelistrikan pada sepeda motor tidak dianjurkan karena dapat menambah beban kelistrikan yang disuplai oleh battery.

4. Pastikan kunci kotak OFF

Pada saat berhenti, selalu pastikan bahwa posisi kunci kontak sudah dalam kondisi OFF sehingga tidak ada voltase yang keluar saat unit sepeda motor sedang tidak digunakan. Hal ini sering terjadi pada pengendara sepeda motor matic dikarenakan mematikan sepeda motor dengan menggunakan standar samping / side stand switch.

5. Konsultasi ke bengkel resmi

Selalu konsultasikan terkait keluhan sepeda motor Honda kesayangan kamu hanya di Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda atau yang sering disebut dengan AHASS.

“Perawatan diperlukan agar kondisi battery selalu dalam kondisi prima, apabila terdapat hal yang ragu dan membutuhkan konsultasi dengan mekanik bengkel resmi, dapat mengunjungi AHASS terdekat”. Ujar Syakroni, Section Head Technical TSD Sinsen.

Baca juga: Sebanyak 48 Diler Resmi Sepeda Motor Honda se-Provinsi Jambi Rayakan Harpelnas Secara Serentak

Baca juga: Info Honda Jambi: Cek Gratis di AHASS dan Dapatkan Diskon 10% untuk Pergantian Ban di AHASS

Kepala Cabang Dealer Honda CSM Sarolangun Ali Mukhoidori mengatakan terkait tips ini, kami pun selalu memberikan edukasi kepada konsumen Honda yang berkunjung untuk servis di AHASS, agar lebih merawat battery/aki motor kesayangannya supaya lebih awet.(*/ Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved