Breaking News:

Berita Ekonomi

BPS Provinsi Jambi Adakan Wabiner dan Kenalkan Produk Terbarunya

Berita Ekonomi Jambi-Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar kegiatan Webinar dan meperkenalkan produk terbaru dari BPS

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
istimewa
Webinar BPS 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menggelar kegiatan Webinar dan meperkenalkan produk terbaru dari BPS yaitu Tabel input Output (I-O) IRIO. Kamis (2/9/21).

Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan wabinar yang mengangkat tema: Menuju ekonomi Provinsi Jambi yang Agile dengan Pemanfaatan Interregional Input output.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dan dibuka langsung oleh kepala BPS Provinsi Jambi Drs. Wahyudin.

Kepala BPS Provinsi Jambi mengatakan dalam sambutannya kegiatan ini memperkenalkan produk baru dari BPS, yaitu Tabel input Output (I-O) IRIO Indonesia 2016.

Penyusunan IRIO dimulai sejak tahun 2019, yang di dahului dengan penyusunan Supply and Use Table (SUT) nasional dan 34 provinsi.

"Penyusunan dimulai pada tahun 2019 kemudian dilanjutkan dengan rekonsiliasi dan finalisasi SUT hingga tahun 2020. Dan pada tahun 2021, dilakukan transformasi SUT menjadi tabel I-O serta tabel IRIO, yang dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi tabel IRIO," jelasnya.

"Data yang digunakan dalam penyusunan SUT tidak hanya data primer hasil Sensus Ekonomi 2016 dan berbagai survei yang dilakukan BPS, tapi juga data administratif yang tersedia di kementerian atau lembaga, penyusunan SUT dilakukan untuk memperoleh keseimbangan antara sisi penawaran dan permintaan, baik pada level industri atau sektor maupun komoditas," tambahnya.

Kemudian dari SUT inilah ditransformasikan untuk memperoleh tabel Input-Output (I-O) yang dapat menggambarkan keterkaitan antar sektor ekonomi serta sektor unggulan dari tiap daerah.

Dengan diperolehnya SUT 34 provinsi, kemudian dilakukan rekonsiliasi dengan SUT nasional, hingga diperoleh multi regional SUT sebagai dasar penyusunan multi regional IO (IRIO).

Berdasarkan hasil rekonsiliasi inilah, selanjutnya ditransformasikan menjadi tabel I-O 34 provinsi dan tabel IRIO nasional 2016.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved