Breaking News:

WIKIJAMBI

Meski di Pinggir Sungai, Masjid Al Munawaroh di Bungo Tak Pernah Kebanjiran, Usianya Sudah 80 Tahun

Berita Bungo-Masjid Jami' Al-Munawwarah yang berlokasi di RT 04, RW 02 Kelurahan Tanjung Gedang Pasar Muaro Bungo Kabupaten Bungo

Penulis: Muzakkir | Editor: Nani Rachmaini
Tribun Jambi/Mareza Sutan AJ
Masjid Jami' Al-Munawwarah di Kelurahan Tanjung Gedang, tepatnya di tepi Sungai Batang Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi. Ada tradisi yang pukul beduk setiap satu jam, selama bulan suci Ramadan. wrfw rwrww 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO -- Masjid Jami' Al-Munawwarah yang berlokasi di RT 04, RW 02 Kelurahan Tanjung Gedang Pasar Muaro Bungo Kabupaten Bungo termasuk masjid yang "keramat".

Sejak berdiri kokoh pada tahun 1941 silam, hingga kini belum pernah digenangi banjir. Padahal posisinya tepat di bibir sungai Batang Tebo.

Cerita pengurus Masjid, sejak sebelum Indonesia merdeka hingga saat ini, sudah seringkali Kota Bungo digenangi banjir besar, seingat mereka pada tahun 1955 dan tahun 1977 itu merupakan banjir besar, pasar Muaro Bungo digenangi air, bahkan aktivitas pasar lumpuh.

Jika masyarakat hendak ke pasar, maka harus menggunakan perahu. Selain itu, hampir semua pemukiman warga digenangi banjir.

"Alhamdulillah masjid ini cuman depannya saja yang kena. Tidak masuk ke dalam," kata Agus Salim pengurus masjid.

Namun demikian, dirinya tidak berani menyebutkan jika masjid ini termasuk masjid yang"keramat".

"Mungkin Iyo (keramat,red)," katanya.

Masjid yang terletak sekitar lima menit dari pasar Muaro Bungo ini ramai dikunjungi warga.

Selain jemaah masjid yang tinggal di sekitar, masjid ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat luar seperti Kota Jambi dan masyarakat lainnya, bahkan wisatawan yang berasal dari luar provinsi Jambi.

Masjid ini bisa menampung ratusan jemaah. Di luar masjid juga terdapat lapangan untuk masyarakat setempat bermain, terutama anak-anak.

Nahhhh jika anda ke Muara Bungo, tak ada salahnya jika berkunjung dan sholat disini namun dengan catatan harus menerapkan protokol kesehatan, karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. (*)

Baca juga: Masjid Al Munawaroh Salah satu Masjid Tua di Bungo, Sempat Diberondong Senjata Belanda

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved