Breaking News:

WIKIJAMBI

Masjid Al Munawaroh Salah satu Masjid Tua di Bungo, Sempat Diberondong Senjata Belanda

Berita Bungo-Kabupaten Bungo merupakan satu di antara kabupaten kota yang ada di Jambi yang menjadi tempat peperangan. Banyak tempat bersejarah

Penulis: Muzakkir | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/mareza sutan a j
Masjid Jami' Al-Munawwarah. Konon, masjid ini mulai dibangun sekitar tahun 1920 masehi. Terletak tepat di tepi Sungai Batang Bungo, Masjid Jami' Al-Munawwarah adalah masjid tertua kedua di Kabupaten Bungo. 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO -- Kabupaten Bungo merupakan satu di antara kabupaten kota yang ada di Jambi yang menjadi tempat peperangan. Banyak tempat bersejarah di kabupaten ini.

Satu di antara tempat bersejarah di Kabupaten Bungo yaitu Masjid Jami' Al-Munawwarah. Masjid yang dibangun pada zaman Belanda ini terletak di pinggir sungai Batang Tebo. Tepatnya di RT 04, RW 02 Kelurahan Tanjung Gedang Pasar Muaro Bungo Kabupaten Bungo.

Menurut warga setempat, masjid yang selesai dibangun pada tahun 1941 itu merupakan salah satu masjid tertua di Kabupaten Bungo.

Di sini juga menjadi tempat bersejarah, di mana sempat terjadi pertempuran Belanda melawan Jepang.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya bekas peluru tembakan dari Belanda yang nyasar ke Masjid tersebut.

Namun beruntung, hingga saat ini masjid tersebut masih tetap utuh bahkan masih dikatakan original.

Tak banyak perubahan yang dilakukan oleh warga setempat terhadap masjid ini, karena mereka menganggap jika masjid ini merupakan sejarah yang tak bisa dilupakan.

Bangunan atap, depan, belakang, langit-langit, bahkan beberapa keramik yang ada di dalam masjid juga masih utuh, yang dirubah hanya di sampingnya saja, karena warga ingin memperbesar masjid, itupun hanya beberapa meter saja.

"Bangunan ini sebagian besar masih asli. Hanya sedikit yang kita robah," kata H Agus Salim selaku pengurus masjid tersebut.

Dia menyebut jika masjid ini merupakan salah satu masjid yang digunakan oleh tokoh agama Islam di Bungo untuk menyebarkan agama Islam.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved