Breaking News:

Kesehatan

Cara Meningkatkan Imunitas Selama Pandemi Menurut Ahli Gizi, Konsumsi Protein Nabati dan Hewani

Sumber makanan bergizi dan seimbang untuk meningkatkan imunitas bisa dari protein nabati dan hewani. Seperti telur, ikan, ayam, minyak ikan, omega 3,

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ThitareeSarmkasat
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama pandemi Covid-19 kita harus menjaga imun tubuh.

Imun jadi yang pertama yang akan menjaga tubuh kita ketika berbagai macam penyakit menyerang, terutama virus.

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh? Satu di antaranya dengan mengonsumsi nutrisi yang baik bagi tubuh.

Menurut Dini Wulan Dari, S.Gz, M.Si, Ketua Program Studi Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Baiturrahim Jambi, kita dapat memulainya dengan menjaga pola makan gizi seimbang.

Sumber makanan bergizi dan seimbang untuk meningkatkan imunitas bisa dari protein nabati dan hewani. Seperti telur, ikan, ayam, minyak ikan, omega 3, omega 6, daging, tempe yang mengandung vitamin B12, dan tahu.

"Konsumsi harian yang baik bagi tubuh, kita bisa tetap mengatur pola makan gizi seimbang kemudian ditambah dengan makanan-makanan yang dapat meningkatkan imunitas, misalnya selain kita 3 kali makan berat dan dua kali selingan, menjadi pola makan gizi seimbang," ujar Dini, Senin (23/8/2021).

Selain menjaga pola makan gizi seimbang, asupan imunitas yang tinggi bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi rempah-rempah.

"Sudah banyak penelitiannya rempah-rempah juga dapat meningkatkan imunitas tubuh, bisa dari jahe kita bikin wedang jahe sendiri, atau minuman jahe dicampur kunyit, serai, jeruk nipis, tapi saya sarankan bagi yang memiliki berat badan berlebih atau yang sedang menjaga berat badannya tidak menggunakan gula putih atau gula pasir, bisa diganti dengan madu, kan lebih sehat," sarannya.

Mengonsumsi minuman daun Sungkai juga bagus untuk meningkatkan imunitas dan sebagai antivirus yang sudah terbukti dengan penelitian.

Selain konsumsi makanan yang sehat, kita dapat meningkatkan imun tubuh dengan vitamin. Bagi penderita atau untuk mencegah Covid-19 kita dapat mengonsumsi vitamin D3, vitamin E sebagai antioksidan, vitamin C dan Zinc.

Menjaga pola makan gizi seimbang juga harus diimbangi dengan olahraga seperti senam, jalan-jalan kecil, atau bersepeda.

"Konsumsi gizi seimbang dan dibarengi olahraga ringan satu hari 30 menit saja sudah cukup," pungkasnya.

Baca juga: STIKes Baiturrahim Jambi Gelar Webinar Nasional Gizi, Nadila Wantari Eks JKT 48 Jadi Guest Star

Baca juga: Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menurut Ahli Gizi, Hindari Stress Salah Satunya

Baca juga: Air Kelapa Muda Diyakini Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19, Ini Penjelasan Dokter Spesialis Gizi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved