Breaking News:

Wawancara Eksklusif

Kiprah Saniatul Lativa, anggota Komisi IX DPR RI Dapil Jambi: Karena Bapak Ikhlas Saya Mau

Saniatul Lativa yang tak lain istri Bupat Tebo Sukandar, otomatis juga mengemban tugas sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Tebo.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUNJAMBI/IST
Saniatul Lativa Ketua TP PKK Tebo yang juga anggota DPR RI saat menjalani vaksinasi Covid-19 tahap II 

Saniatul Lativa, menjadi satu-satunya perempuan dari Jambi yang menjadi anggota DPR RI Dapil Jambi pada periode kali ini. Ia duduk di Komisi IX DPR RI.

Saniatul Lativa yang tak lain istri Bupat Tebo Sukandar, otomatis juga mengemban tugas sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Tebo. Tak ayal perjuangannya menjadi komplet untuk membuktikan bahwa perempuan mampu mendapat tempat pada bidang apapun.

Berikut perbincangan Tribun Jambi dengan Saniatul belum lama ini.

Tribun: Makna 17 Agustus tahun ini bagi Ibu apa?
Saniatul: Terkait dengan perjuangan, Indonesia pada 17 Agustus sudah memasuki usia 76 tahun, saya memaknai bahwa 17 Agustus menjadi momen bersama untuk mengingatkan kita selalu untuk memberi manfaat mengisi kemerdekaan supaya arti merdeka itu benar-benar merdeka.

Kalau dulu dengan susah payah, saat ini karena kita sudah merdeka maka yang perlu kita lakukan adalah apa yang kita isi dari kemerdekaan ini. Momen ini mengingatkan kita harus semangat dan mengisi hal-hal yang baik sehingga bisa membawa kemerdekaan sesungguhnya.

Tribun: Arti perjuangan di masa saat ini?
Saniatul Lativa: Perjuangan saat ini adalah perjuangan untuk menuntut kita semua untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif. Apalagi kondisi di tengah pandemi, ini menuntut kita, paling tidak kita bisa survive bisa fight di tengah pandemi.

Jadi perjuangan kita saat ini, harus melihat kondisi dan memanfaatkan peluang yang ada. Terutama untuk milenial, memang tantangan saat ini cukup berat, jadi memang harus menggunakan masa muda ini dengan menghasilkan karya dan kreatifitas sesuai passion.

Tribun: Bagaimana perjuangan ibu hingga memiliki peran yang cukup luar bisa, menjadi anggota DPR RI, Ketua TP PKK Tebo, menjadi istri dan menjadi seorang Ibu?
Saniatul Lativa : Perjuangan untuk mengemban tugas ini menurut saya adalah sebuah kepercayaan, termasuk dengan kepercayaan suami. Jadi melihat kondisi di masyarakat apalagi saya sering turun, dan permasalahan yang ada jadi bapak (suami) sama saya yang berdiskusi dengan permasalahan di lapangan.

Jadi bapak tawarkan bagaimana untuk saya ke parlemen. Ya beliau juga melihat saya yang sering turun ke masyarakat, dan aktif di masyarakat mungkin beliau percaya kepada saya.

Tapi ya saya tanya balik ke bapak, ikhlas tidak kalau saya maju di parlemen dan berkontribusi. Kalau bapak ikhlas ya saya mau. Ya beliau ikhlas. Karena itu ya saya coba walaupun sebetulnya saya tidak yakin, apalagi banyak yang meragukan saya.

Baca juga: Zona Merah, Bupati Tebo Sukandar Larang Masyarakat Adakan Lomba-lomba Perayaan Hari Kemerdekaan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved