Breaking News:

PIAUD UIN STS Jambi Dalami Materi PAUD dengan Kegiatan Praktikum Langsung

Ketua yayasan TK. Islam Ar-rahimah Kota Jambi Dr. Zukhairina, M.Pd.I, dan Kepala Sekolah TK. Islam Ar-rahimah kota Jambi Susiana, S.Pd, menyambut baik

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Fitri Amalia
PIAUD UIN STS Jambi Dalami Materi PAUD dengan Kegiatan Praktikum Langsung 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Mahasiswa prodi PIAUD UIN Sutha Saifuddin Jambi baru-baru ini melaksanakan kegiatan praktikum Penguatan Materi Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan yang berlangsung di TK Ar-Rahimah Kota Jambi ini secara streaming YouTube Plaud Fakultas Tarbiyah UIN Jambi.

Ridwan, M.Psi, Psikolog Ketua Prodi PIAUD UIN Sutha Saifuddin Jambi mengatakan pihak kampus ingin memberikan yang terbaik untuk mahasiswa dalam kegiatan praktikum. Karena itu TK Ar-Rahimah sebagai pionir mengenalkan pembelajaran sentra di kota Jambi terpilih sebagai tempat praktikum.

"Kegiatan kita ini tujuannya untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang kita lakukan setiap tahun, biasanya kita lakukan di luar daerah tapi karena kondisi saat ini praktikum kita lakukan di dalam kota Jambi saja, dan Alhamdulillah pada kesempatan ini kita mendapat ilmu yang sangat bermanfaat terutama untuk pendalaman materi sentral," ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Dr. Amirul Mukminin Al-anwari, M.Pd.I
Sekretaris Prodi PIAUD UIN Sutha Saifuddin Jambi mengatakan tujuan akhir praktikum ini untuk bekal mahasiswa sebagai calon guru.

"Tentunya ini sebagai bekal untuk mereka sebagai calon guru PAUD, dimanapun nanti mereka berada ilmu-ilmu seperti ini adalah bekal yang sangat berguna dan bermanfaat untuk mereka karena sifatnya bukan hanya teoritis tapi bagaimana mereka mempraktekkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah ini penting, sangat penting," kata Amirul.

Ridwan juga berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dalam bentuk kegiatan lainnya.

Ketua yayasan TK. Islam Ar-rahimah Kota Jambi Dr. Zukhairina, M.Pd.I, dan Kepala Sekolah TK. Islam Ar-rahimah kota Jambi Susiana, S.Pd, menyambut baik kedatangan mahasiswa Prodi PIAUD UIN Sutha Saifuddin Jambi.

Zukhairina ingin metode pembelajaran sentra dipahami seluruh guru PAUD terutama mahasiswa yang akan menjadi calon guru. Pihaknya tidak ingin mereka mendapat pemahaman yang tidak tepat dan harus dikuatkan dengan praktikum.

"Itu akan membuat kita memiliki pemahaman yang benar, daripada cuma sekedar membaca jadi lebih banyak praktek lebih baik, karena apa yang diucapkan itu belum tentu sama dengan apa yang kita lihat. tapi intinya tetap berpusat pada anak tidak ada kegiatan yang boleh guru menyetir jadi guru hanya memberikan informasi setelah itu terserah anak-anak untuk melakukan sesuai ide dan kreasinya masing-masing karena yang penting itu bukan hasil tapi apa yang dilakukan anak itu yang dinilai prosesnya bagaimana anak bisa melakukan. Bagi mahasiswa pun dengan praktikum yang dilakukan ini dapat menambah ilmu dengan praktek langsung," tutupnya.

Baca juga: VIDEO Detik-detik Megawati Menangis Lihat Jokowi Kurus dan Diejek Kodok

Baca juga: Maulana Lepas 124 Tracker Covid-19, Ditempatkan di Seluruh Kelurahan Kota Jambi

Baca juga: Penampilan Ayu Ting Ting dan Umi Kalsum Disorot di Acara Pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved