Breaking News:

Makam Rangkayo Hitam di Tanjab Timur Diusulkan Masuk Situs Cagar Budaya

Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) memiliki 27 situs peninggalan sejarah.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/abdullah usman
Situs makam Rangkayo Hitam saat ini. 

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Abdullah Usman 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) memiliki 27 situs peninggalan sejarah.

Tahun ini Disbudparpora tengah mengusulkan Makam Rangkayo Hitam untuk menjadi situs Cagar Budaya Tanjabtim. 

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Tanjabtim Teguh, mengatakan pada tahun ini pihaknya tengah menyusun usulan untuk penetapan situs yang ad di Tanjabtim. Satu diantaranya yakni Makam Rangkayo Hitam

"Makam Rangkayo hitam sendiri mengapa kita usulkan pertama, karena nilai sejarahnya kuat juga catatan sejarah primernya juga kuat. Sehingga untuk langkah awal situs Rangkayo hitam ini lebih lengkap," ujarnya, Rabu (11/8).

"Harapan kita di tahun 2021 ini kita dapat satu penetapan situs, yakni Makam Rangkayo Hitam tadi. Untuk diterapkan jadi situs Kabupaten, " tambahnya.

Lanjutnya, nantinya setelah penetapan tersebut langsung dilengkapi dengan SK Bupati bahwa situs tersebut merupakan situs Cagar Budaya sebagai bentuk legalitas hukumnya. 

Untuk usulan penetapan Situs Rangkayo Hitam sendiri, pihaknya berkoordinasi dengan Unit pelayanan teknis UPT Kementrian, dimana di Jambi sendiri berada di BPCB.

Baca juga: Surat Surya Paloh Bocor ke Publik, Isu Syarif Fasha Geser Agus Roni di Nasdem Makin Kuat

Baca juga: Kasus Covid-19 Tinggi, Gubernur Jambi Minta Vaksinasi di Merangin Dipercepat 

Baca juga: Kasus Covid-19 Turun, Jokowi Minta Indonesia Punya Roadmap Bersama Virus Corona

Selain itu ada beberapa UPT lain yang bekerja sama seperti Terkait arkeolog dan bahasa yang berada di Provinsi Sumsel dan Kepri. 

"Yang jelas kita berkoordinasinya dengan BPCB selanjutnya BPCB lagi ke Pusat. Kita juga sudah sampaikan surat Bupati yang meminta untuk penetapan situs tadi sebagai dasarnya pada 2021 ini, " jelasnya.

"Saat ini situs Makam Rangkayo hitam kita statusnya masih diduga Cagar budaya, karena belum ada penetapan resmi," pungkasnya. (usn) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved