Breaking News:

Kopassus

SEJARAH Duel Kopassus Vs Pasukan Gurkha Dalam Perang di Belantara Hutan Kalimantan

Kala itu, konflik pecah antara Indonesia melawan Malaysia. Namun sekutu negeri jiran itu membantu, yaitu Inggris serta membawa tentara bayaran mereka

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Kolase/Tribunjambi.com
Kopassus Vs Gurkha kala Indonesia berkonflik dengan Malaysia 

TRIBUNJAMBI.COM - Sejarah Indonesia pernah mencatat cerita duel Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dalam menghadapi militer 3 negara secara berasamaan.

Kala itu, konflik pecah antara Indonesia melawan Malaysia. Namun sekutu negeri jiran itu membantu, yaitu Inggris serta membawa tentara bayaran mereka bernama Gurkha.

Inggris sendiri membawa pasukan Spesial Air Service (SAS) yang reputasinya tak perlu diragukan lagi. Sementara pasukakan Gurkha yang merupakan satuan elite Nepal menjadi pasukan bayaran yang juga diketahui sebagai sekutu Inggris.

Meski berasal dari dunia ketiga, nyatanya Kopassus mampu bertempur bahkan mempermalukan pasukan elite dunia ketiga negara itu.

anggota Kopassus
anggota Kopassus (ist)

Tercatat pasukan elite Inggris SAS, angkatan laut Belanda pernah merasakan berdarah-darah ketika harus bertempur dengan Kopassus.

Satu lagi yang pernah dipermalukan Kopassus yakni tentara Gurkha, satu diantara pasukan elite paling berbahaya dan ditakuti di muka bumi.

Salah satu pasukan elit dunia yang melegenda adalah Pasukan Gurkha.

Pasukan elite ini mengabdi kepada Kerajaan Inggris sebagai sebuah resimen atau tentara bayaran.

Walau sekadar tentara bayaran saja, namun kiprah mereka ditakuti lawan dan kawan.

Namun, Indonesia pun harus berbangga hati karena pasukan mengerikan ini pernah dikalahkan oleh RPKAD yang saat ini bernama Kopassus saat konfrontasi Indonesia-Malaysia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved