Breaking News:

UMKM Jambi

Ismed Devi Warga Kerinci Ciptakan Ketahanan Pangan dengan Budidaya Madu Mandiri di Halaman Rumahnya

Ismed juga menceritakan budidaya madu trigona ini memiliki efek domino yang cukup baik untuk ketahan pangan di masa pandemi ini.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/yon
Ismed Devi Warga Kerinci Ciptakan Ketahanan Pangan dengan Budidaya Madu Mandiri di Halaman Rumahnya 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI – Budidaya madu mandiri di halaman rumah setidaknya bisa memberikan penghasilan tambahan minimal tersedianya stok madu murni untuk di konsumsi di tengah kondisi dunia yang lagi dilanda pandemi corona.

Satu diantara jenis lebah ternak yang bisa dibudidayakan di halaman rumah adalah jenis Trigona, lebah jenis ini tidak memiliki sengat, sehingga aman bagi penghuni rumah.

Selain itu madu Trigona memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi untuk ukuran 120 ml dihargai lebih dari Rp 100 ribu. harganya bisa 3-4 kali lipat dari madu biasa.

Madu Trigona sendiri sudah banyak diketahui orang manfaatnya, sehingga tidak terlalu susah untuk memasaknya.

Ismed Devi warga Kerinci yang memiliki 35 koloni madu trigona di halaman rumahnya mengaku tidak pernah kesulitan menjual madu ini, bahkan madu Trigona miliknya jadi rebutan tetangganya.

“Justru sekarang kita kesulitan memenuhi permintaan pasar,” Ujarnya beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Ismed mengatakan dia bisa memanen madunya setiap tiga minggu sekali.

Ismed juga menceritakan budidaya madu trigona ini memiliki efek domino yang cukup baik untuk ketahan pangan di masa pandemi ini.

“Jika kita berbicara budidaya madu, berarti kita juga berbicara ketersediaan pakan lebahnya, secara tidak langsung kita dituntut untuk berkebun, minimal bercocok tanam di halaman rumah,” katanya.

Di halaman rumah Ismed selain memiliki banyak kotak yang berisi koloni lebah, juga banyak terdapat berbagai tanaman baik buah maupun Hortikultura.

Untuk tanaman buah sendiri, setidaknya ada buah kelengkeng, belimbing, sampai jambu. Ismed mengatakan kalau bisa menanam tanaman yang berbunga sepanjang tahun.

“Dengan begitu, selain mendapatkan keuntungan dari penjualan madu juga bisa mendapatkan keuntungan dari buah yang di hasilkan oleh pakan lebah tersebut,” Pungkas Ismed.

Baca juga: Manfaat Sirih Gading yang Dapat Meningkatkan Kadar Oksigen

Baca juga: Cara Membuat Daun Aglonema Mengkilap, Jemur Aglonema Hanya Saat Pagi

Baca juga: Diberhentikan DPRD, Mashuri Diusulkan Jadi Bupati Merangin

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved