Breaking News:

Berita Tanjabtim

Warga di Tanjabtim Bisa Berobat Gratis Jika Alami Efek Samping Usai Divaksin Covid-19

KIPI bisa terjadi pada siapa saja, lantaran tubuh seseorang berbeda dalam menerima vaksin yang masuk. seseorang yang mengalami kipi, membutuhkan pengo

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Abdullah Usman
Vaksinasi di Tanjabtim, Lansia jadi kalangan prioritas. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Masyarakat yang telah divaksin dan mengalami kipi, bakal dapat pengobatan secara gratis oleh pemerintah. Penjaminan ini diatur dalam Permenkes no 12 tahun 2017.

Pemberian program vaksin memang memiliki beberapa efek samping, apapun vaksin yang diberikan.

Bagi mereka yang mengalami efek samping vaksin ini, biasanya disebut Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi atau (KIP).

KIPI bisa terjadi pada siapa saja, lantaran tubuh seseorang berbeda dalam menerima vaksin yang masuk. seseorang yang mengalami kipi, membutuhkan pengobatan dan perawatan di Fasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Ernawati menekankan, bahwa masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan diduga akibat KIPI akan mendapat pengobatan dan terkait biaya ditanggung pemerintah.

"Pembiayaan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 12 tahun 2017. KIPI yang terjadi usai vaksinasi Covid-19 menyebabkan cacat atau meninggal dunia, maka korban akan mendapatkan kompensasi dari pemerintah," jelas Erna, Rabu (14/7/2021).

"Kompensasi yang diberikan berupa santunan cacat dan santunan kematian," tambahnya

Dijelaskannya pula, adapun syaratnya, bagi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN, maka akan ditanggung melalui mekanisme JKN dan dapat dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan.

Sementara untuk peserta non aktif dan bukan peserta JKN akan didanai melalui mekanisme pengadaan lain, yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara maupun anggaran pendapatan dan belanja daerah sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan.

"Dengan adanya jaminan ini, masyarakat diharap dapat mengikuti dan membantu pemerintah dalam menyukseskan program vaksinasi massal di tiap fasilitas kesehatan di kabupaten Tanjung Jabung timur," pungkas Erna.

Baca juga: Surat Yasin 83 Ayat Lengkap, Manfaat Mengamalkannya Mendapat Keberkahan dan Kebahagiaan Melimpah

Baca juga: Sempat Jadi PNS Kemudian Berhenti, Kini Indra Suardi Dipercaya Sediakan Sapi Kurban Presiden

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Hatchback Rp 50 Jutaan - Honda Jazz, Toyota Yaris, Datsun Go, Daihatsu Sirion

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved