Breaking News:

VIDEO Jelang Hari Raya Idul Adha, Peternak Sapi di Tanjabbar Akui Sepi Pembeli

"Ada jenis sapi bali, sapi simetal, sapi lampung. Ini jenis nya saja, sebetulnya ini hasil dari ternak lokal kita. Sampai hari ini ada 30 ekor yang su

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Rian Aidilfi Afriandi

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, sejumlah peternak hewan Kurban di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengaku omzet di tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Padahal momen Idul Adha seperti saat ini adalah momen yang di tunggu oleh peternak.

Hal ini lah yang di ungkapkan oleh Ahay, seorang peternak yang ada di Jalan Parit 2 Kihajar Dewantara, Kelurahan Patunas, Kecamatan Tungkal Ilir. Ahay menyebut bahwa tahun ini Ia prediksi akan terjadi penurunan penjualan untuk hewan kurban.

"Sampai dengan hari ini masih sedikit lah kalo di banding tahun kemarin. Memang tahun ini kita prediksi turun lah kalo untuk penjualan ini," katanya.

Ia menyebut bahwa sampai dengan hari ini, Selasa (13/7) untuk pemesanan ada sekitar 30 ekor sapi. Adapun sapi yang di jual oleh Ahay adalah sapi lokal yang ada di Kabupaten Tanjabbar dengan berbagai jenis.

"Ada jenis sapi bali, sapi simetal, sapi lampung. Ini jenis nya saja, sebetulnya ini hasil dari ternak lokal kita. Sampai hari ini ada 30 ekor yang sudah di pesan, kalo tahun lalu itu sampai 60 hingga 70 ekor yang pesan,makanya kita prediksi tahun ini turun,"ungkapnya.

"Untuk pembeli itu Pengabuan, Tungkal Ulu dan Tebing Tinggi. Masih wilayah Tanjabbar lah yang beli. Kalo dari luar belum ada. Ya semoga nanti dua atau tiga hari sebelum lebaran ada nambah lagi kan pesanan," harapnya.

Disisi lain, di ungkapkan olehnya bahwa untuk harga masih sama dengan tahun lalu, di mana harga Sapi yang Ia jual berkisar antara Rp14 juta hingga Rp25 juta rupiah. Mahalnya harga ini dikatakan Ahay sesuai dengan bobot dari Sapi itu sendiri.

"Harga masih sama dengan tahun lalu, tidak ada kenaikan. Penurunan pembeli ini memang karena imbas pandemi juga," pungkasnya.

https://youtu.be/8XMDZC3SwIc

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved