Breaking News:

Berita Kerinci

Kisah Mistis Beredar di Sekitar Lokasi Air Terjun Telun Berasap Adanya Penampakan Seorang Putri

Berita Kerinci-Air terjun yang terdepat di antara rerimbun hijau Taman Nasional Kerinci Seblat nan cantik ini, ternyata memiliki cerita tersendiri.

Penulis: Herupitra | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/herupitra
Air terjun Telun Berasap di Kerinci 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Kabupaten Kerinci memiliki objek wisata alam yang sangat menarik dan banyak untuk dikunjungi.

Satu di antaranya adalah Air Terjun Telun Berasap, yang terdapat di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi.

Air terjun yang terdepat di antara rerimbun hijau Taman Nasional Kerinci Seblat nan cantik ini, ternyata memiliki cerita tersendiri.

Untuk bisa melihat keindahan air terjun Telun berasap harus menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 60 kilometer dari kota Sungai Penuh. Perjalanan menuju Desa Telun Berasap dapat menggunakan kendaraan roda empat.

Setelah tiba di lokasi pintu masuk kawasan wisata Air Terjun Telun Berasap, dilanjutkan dengan perjalanan berjalan kaki.

Berikutnya untuk menuju lokasi air terjun perlu menaiki anak tangga sejauh 300 meter. Kondisi anak tangga ditata rapi namun jika hujan datang, kondisi anak tangga licin, jadi perlu berhati-hati.

Langkah-langkah menantang sepanjang 300 meter melalui anak tangga serasa sepadan dengan pemandangan air terjun yang mempesona di depan mata.

Gemuruh air menghantam bebatuan terjal akan terdengar dari kejauhan sebelum berada di hadapannya. Air terjun ini mengalir melalui tebing-tebing terjal dengan ketinggian sekira 50 meter. Dimana sumber dari aliran air sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh.

Menurut penduduk setempat, nama Telun Berasap berasal dari proses jatuhnya aliran air dengan debit tinggi tersebut menciptakan kabut air di sekelilingnya. Proses itulah yang menjadi keistimewaan Air Terjun Telun Berasap.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa, namun terbilang sulit dimasuki. Sebab pintu masuknya tepat berada belakang air terjun bagian tengahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved