Breaking News:

UMKM Jambi

Intip Bisnis 'Tempe Asli HB' Milik Dedeng di Kota Jambi, Dalam Sehari Mampu Produksi 2.500 Tempe

Saat ini produk Tempe Asli HB milik pria asal Jawa Barat ini telah mampu mencapai angka produksi sebanyak 2.500 tempe perhari, dengan cakupan penyebar

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Yon
Bisnis Tempe Asli HB Milik Dedeng di Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Tempe memang telah menjadi makanan khas Nusantara yang bisa didapatkan hampir di setiap daerah. Manisnya bisnis tempe inilah yang dimanfaatkan oleh Dedeng untuk memulai usahanya 2016 silam.

Saat ini produk Tempe Asli HB milik pria asal Jawa Barat ini telah mampu mencapai angka produksi sebanyak 2.500 tempe perhari, dengan cakupan penyebaran hampir merata di seluruh Kota Jambi.

Untuk memproduksi tempe sebayak itu, Dedeng membutuhkan sembilan orang pekerja yang khusus melakukan produksi setiap harinya.

Empat orang pekerja yang bertugas melakukan delivery ke beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Jambi.
Bahkan untuk pasar tradisional Angso Duo Dedeng masih turun tangan melakukan pengantaran.

Tempe Asli HB yang berlokasi di Kampung Baru Broni ini memilki tiga ruang produksi, yang pertama khusus untuk perebusan, lalu untuk pengemasan dan terahir untuk proses peragian.

Untuk proses peragian ini Dedeng memiliki 10 rak khusus yang bisa menampung ribuan batang Tempe.

Keberhasilan tempe HB dalam menembus pasar Jambi tidak lah mudah, tiga bulan pertama mereka hanya mampu memproduksi 50 kg kedelai atau 200 batang Tempe perhari. Untuk mencapai angka 150 kilo perhari atau 600 batang saja butuh waktu satu tahun.

Kesuksesan Tempe Asli HB dalam merebut pasar Jambi terletak dari kualitas tempenya yang mampu bertahan tiga hari di ruangan terbuka dan lima hari di dalam kulkas.

Kualitas produk dari tempe asli HB ini juga di akui oleh penyuluh dinas perindustrian Ida Maryati dalan uji sampel yang dia lakukan.

Ida mengatakan tahan lama nya produk tempe HB ini karena di dukung oleh kebersihan saat proses produksi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved