Breaking News:

Berita Tanjabtim

Disperindag Tanjabtim Terus Kejar Retribusi Pasar, Target Rp 115 Juta Lebih

Dari Rp 115.500.000 target yang diberikan pada tahun 2021 ini, realisasi retribusi pasar sudah mencapai 45 persen terhitung bulan Juni 2021. Adapun re

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Abdullah Usman
Ilustrasi pasar di Tanjabtim. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjabtim melalui Disperindag terus berupaya penarikan retribusi pasar mencapai target.

Dari Rp 115.500.000 target yang diberikan pada tahun 2021 ini, realisasi retribusi pasar sudah mencapai 45 persen terhitung bulan Juni 2021. Adapun retribusi pasar yang ditarik berupa parkir, sewa los, lapak dan kios.

Kepala Disperindag Tanjabtim, Hero Suratman melalui Kabid Pasar, Risyansyah mengatakan, bahwa ada 9 pasar dari 27 pasar yang ditarik retribusinya, yakni pasar Talang Babat, Kecamatan Muara Sabak Barat, pasar Blok D dan Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai.

"Kemudian pasar di Kelurahan Rantau Indah dan Catur Rahayu, Kecamatan Dendang. Pasar Lambur II, Kecamatan Muara Sabak Timur. Pasar Desa Teluk Majelis dan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi. Dan pasar di Kecamatan Nipah Panjang," katanya belum lama ini.

"Ada Satu pasar yang di Kecamatan Muara Sabak Timur, tapi belum kita tarik retribusinya, karena masih status milik kementerian. Selebihnya seperti 15 pasar status dikelola desa dan 2 pasar dikelola koperasi," sambungnya.

Dijelaskannya, untuk penarikan retribusi pasar pada tahun 2019 lalu, realisasinya mencapai 100 persen. Namun pada tahun 2020 lalu hanya mencapai sekitar 80 persen, dikarenakan kondisi virus Corona. Sebab, pada bulan April sampai dengan bulan Juli 2020 lalu dilarang masuk ke Tanjabtim.

"Otomatis penarikan retribusi pasar berpengaruh terhadap pendapatan. Makanya realisasi retribusi pasar pada tahun 2020 lalu tidak capai target," jelasnya.

Baca juga: Venti Figianti Ngotot Ceraikan Kiwil, Rohimah dan Eva Belisima Beri Fakta Heboh: Yang di Cianjur?

Baca juga: Tak Ada Ketegasan Aparat, Warga Bakar Sendiri 8 Dompeng di Desa Teluk Singkawang Kabupaten Tebo

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved